Iklan

KemenKopUKM Targetkan Ekspor KUMKM Tangguh dan Masuk Rantai Pasok Global

warta pembaruan
03 Januari 2021 | 5:07 PM WIB Last Updated 2021-01-04T05:17:17Z



Jakarta, Watrapembaruan.co.id - Dua target besar Kementerian Koperasi dan UKM terhadap KUMKM adalah peningkatkan ekspor yang signifikan dan masuk dalam rantai pasok nasional, regional dan global. Sejumlah strategi disusun untuk mencapai target tersebut.

Hal itu disampaikan Deputi Pembiayaan Kementerian Koperasi dan UKM Hanung Harimba Rachman, pada Webinar Outlook 2021: Transformasi Koperasi dan UMKM: “Menuju Koperasi Modern, UMKM Naik Kelas, dan Wirausaha yang Produktif, di Jakarta belum lama ini.

“Ini  indikator yang berat, karena kita bersaing di luar negeri.  Kita harus punya persepsi yang sama bagaimana  mengembangkan UMKM maju dan menjadi unggulan ekspor serta menjadi  lokomotif reformasi ekonomi. Ekonomi yang stagnan pada ekspornya dan diharapkan ekspornya naik didorong oleh UMKM. Kalau UMKM tumbuh sekaligus akan menyelesaikan masalah redistribusi income,” tutur Hanung. 

Pasalnya, aat ini kinerja ekspor UMKM Indonesia masih yang terendah, yakni, ranking ke-5 di ASEAN sebesar 14,37 persen terhadap kontribusi ekspor nasional. KemenKopUKM menargetkan kontribusi ekspor UMKM mencapai 21,6 persen pada 2024 dari 14,37 persen pada 2020. Dibandingkan negara China atau Singapura misalnya, lain,  kontribusi UMKM terhadap ekspor negaranya sangat tinggi mencapai 60 persen (China) dan 40 persen (Singapura).

Fakta lainnya, keterlibatan UMKM pada rantai pasok juga masih minim hanya mencapai 6,3 persen dalam rantai nilai global.

Rendahnya kinerja ekspor UMKM Indonesia, menurut Hanung, dilatarbelakangi oleh beberapa tantangan, seperti akses terhadap informasi pasar sangat rendah, baru 16 persen UMKM yang terhubung dengan ekosistem digital. Tantangan lainnya adalah keterbatasan skala kapasitas usaha dan standar produk, tingginya biaya transaksi dan kontrak, rendahnya akses pembiayaan hanya 19,41 persen yang terakses dengan lembaga pembiayaan dan tingginya biaya logistik.

“Strategi untuk meningkatkan ekspor UMKM dilakukan dengan mengembangkan market intelligence agar UMKM mudah dapat akses informasi, melibatkan ahli untuk kurasi champion sehingga dapat masukan untuk memperbaiki produk, digitalisasi UMKM,” ujar Hanung.

Strategi yang juga diusung, lanjut Hanung, adalah memperluas creative space di daerah, keterbukaan informasi dan chanel distribusi, membantu standarisasi, sertifikasi, investasi atau IPO  serta memperkuat kemitraan melalui factory sharing berbasis value chain.

“Melaksanakan strategi ini tidak bisa KemenKopUKM sendiri tetapi bekerja  sama dengan K/L lain seperti Kementerian BUMN, Kementerian Perhubungan,” tambah Hanung.

Untuk melaksanakannya, dibentuk dalam klaster  atau sektor unggulan yang akan masuk ke pasar ekspor, yakni klaster pangan, perikanan dan peternakan dan ekonomi kreatif.

"Untuk mendorong UMKM masuk ke dalam rantai pasok global dilakukan dengan  menurunkan biaya operasional dan transaksi, menurunkan risiko UMKM antara lain melalui skema khusus pembiayaan, UMKM terdigitalisasi, dan perluasan pasar UMKM melalui kemitraan," pungkas Hanung (Azwar).
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • KemenKopUKM Targetkan Ekspor KUMKM Tangguh dan Masuk Rantai Pasok Global

Trending Now

Iklan