Iklan

Menkominfo-Menkes Tandatangani SKB Kelola Sistem Informasi Aplikasi Satu Data Vaksinasi COVID-19

warta pembaruan
12 Januari 2021 | 9:57 PM WIB Last Updated 2021-01-12T14:57:23Z


Jakarta, Wartapembaruan.co.id - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny Gerard Plate, dan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, menandatangani Surat Keputusan Bersama (SKB) dalam mengelola Sistem Informasi Aplikasi Satu Data Vaksinasi COVID-19, Selasa (12/1/2021) di Kantor Kementerian Kesehatan, Jakarta.

Kedua menteri masing-masing menandatangani sebanyak empat rangkap dokumen kemudian, saling bertukar. "Sore ini akan dilakukan penandatanganan surat keputusan bersama antara dua Menteri Kominfo dan Menteri Kesehatan," ujar Johnny Gerard Plate melalui siaran virtual.

Dalam SKB, masing-masing instansi memiliki tanggung jawab dalam mengelola data vaksinasi secara massal. Dalam hal ini Kemkominfo memiliki kewenangan untuk melakukan perlindungan data pribadi setiap pengguna aplikasi tersebut.

Dalam SKB, terdapat tiga hal yang menjadi cakupan tanggung jawab Kemkominfo, yakni pertama, mendukung integrasi informasi pada aplikasi Pedulilindungi yang akan menjadi medium registrasi ulang vaksinasi dan juga sebagai penerbitan sertifikat digital pada setiap individu yang disuntik tahap pertama.

Kedua, melakukan integrasi tata kelola sistem informasi dengan cara mirroring dengan pusat data nasional yang tengah dikembangkan oleh pihaknya. Maksudnya, adalah dapat mencatat dengan akurat terkait penerima vaksinasi dalam setiap tahap.

Ketiga, menjamin pemanfaatan data pribadi dalam pengelolaan sistem informasi dari ancaman kejahatan siber dengan cara memastikan penerapan prinsip perlindungan data pribadi yang aman dalam ruang digital.

"Memberikan kepastian hukum yang mengatur sistem manajemen informasi satu data vaksinasi COVID-19 Indonesia didukung oleh tata kelola data yang akurat dan dapat dipertanggung jawabkan," jelasnya.

Menkominfo berharap, peran strategis Kominfo dalam pengelolaan sistem data tersebut, mampu menyukseskan program vaksinasi yang akan diselenggarakan pada Rabu (13/1/2021). Akurasi data yang tepat, tentunya akan berpengaruh terhadap efektivitas vaksinasi yang diberikan oleh setiap individu.

"Kita bersama berharap agar program vaksinasi perdana yang akan dilakukan segera dapat berjalan dengan lancar," pungkas Menkominfo (Azwar).
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Menkominfo-Menkes Tandatangani SKB Kelola Sistem Informasi Aplikasi Satu Data Vaksinasi COVID-19

Trending Now

Iklan