News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Menkominfo Pastikan Jaringan Telekomunikasi di Destinasi Pariwisata Segera Selesai

Menkominfo Pastikan Jaringan Telekomunikasi di Destinasi Pariwisata Segera Selesai


Jakarta, Wartapembaruan.co.id - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny Gerard Plate memastikan, jaringan telekomunikasi di destinasi pariwisata super prioritas dapat segera selesai. Sehingga, sektor pariwisata dapat menyumbang devisa negara, pasca berlalunya wabah global COVID-19 di Indonesia.

"Memastikan pembangunan infrastruktur pada destinasi wisata super prioritas akan bergerak cepat," ujar Johnny pada Konferensi Pers secara virtual di Kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), Senin (18/1/2021).

Menurutnya, saat ini, pihaknya tengah gencar melakukan koordinasi dengan operator selular untuk mempercepat menyelesaikan pembangunan base transceiver station (BTS).

"Setelah, selesai pembangunan infrastruktur ini maka wilayah destinasi di atas akan mempunyai jaringan telekomunikasi berkualitas. Dari mulai tingkatan 2G,3G hingga jaringan telekomunikasi 4G akan dapat di akses oleh seluruh masyarakat yang berada di sana," ujar Johnny.

Adapun target yang diberikan oleh Kemkominfo kepada operator seluler adalah hingga tahun 2022. "Pada tahun 2022 nanti jaringan telekomunikasi atau tersedianya sinyal di seluruh wilayah administratif pemerintahan dan pemukiman penduduk itu bisa terlaksana secara khusus 4G," terang Johnny.

Menkominfo menjelaskan, keberadaan jaringan yang berkualitas ini sangat penting dalam merangsang peningkatan pariwisata dalam negeri ke depan. Mengingat, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tengah mengembangkan konsep pariwisata smart destinasi.

Artinya, jaringan berkualitas diperlukan untuk mendukung penuh implementasi dari konsep pariwisata yang baru di atas. Di sini peran penting Kominfo dalam menyediakan infrastruktur pendukung yang sangat vital. "Mendukung aktivitas dan kegiatan kepariwisataan yang nanti akan dilaksanakan yakni smart destination," jelas Menkominfo.

Pembangunan infrastruktur telekomunikasi, tambah Menkominfo, juga akan merata dibangun pada seluruh wilayah terdepan, tertinggal, dan terluar (3T). Sebagai komitmen pemerintah yang akan menyediakan jaringan berkualitas di berbagai wilayah di dalam negeri.

"Mulai dari pembangunan infrastruktur khususnya wilayah-wilayah terluar, tertinggal dan terdepan," pungkas Menkominfo Johnny Gerard Plate (Azwar).

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar