Iklan

Sebarluaskan Potensi Ekonomi Pengelolaan Sampah, Kemkominfo Manfaatkan Berbagai Kanal Komunikasi

warta pembaruan
09 Maret 2021 | 2:22 PM WIB Last Updated 2021-03-11T04:00:21Z
Jakarta, Wartapembaruan.co.id - Agar, masyarakat memahami betapa pentingnya pengelolaan sampah menjadi suatu hal yang bernilai ke depan, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) gencar menyebarluaskan informasi tentang memanfaatkan potensi ekonomi pada pengelolaan sampah melalui berbagai kanal komunikasi.

Plt. Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Ditjen IKP) Kemkominfo, Mira Tayyiba, mengatakan, pihaknya gencar menyebarluaskan informasi sebagai bentuk sosialisasi kepada masyarakat.

Tujuannya, lanjut Mira, agar masyarakat akan berpartisipasi secara aktif dalam memanfaatkan potensi ekonomi terhadap pengelolaan sampah di lingkungannya masing-masing. Hal itu, sesuai dengan peran Ditjen IKP sebagai koordinasi kehumasan yang bertugas menyampaikan seluruh informasi strategis terkait penyelenggaraan negara dalam berbagai bidang.

"Direktorat Jenderal IKP berperan sebagai Government Public Relations (GPR) sesuai dengan instruksi presiden nomor 9 tahun 2015," kata Mira Tayyiba secara virtual, Selasa (9/3/2021).

Mira menjelaskan, lembaganya, akan berupaya keras dalam menyebarluaskan pesan tersebut dengan tepat sasaran melalui berbagai medium komunikasi. Dari mulai diskusi publik, program strategis, hingga sosialisasi di berbagai daerah dengan menggunakan berbagai kanal daring maupun tatap muka.

Masifnya kegiatan sosialisasi yang dilakukan oleh pihaknya, juga menjadi bagian edukasi terhadap publik, supaya dapat memanfaatkan potensi ekonomi dalam mengelola sampah sehari-hari di lingkungan rumahnya masing-masing secara rutin kedepannya.

"Untuk mengurangi dampak sampah plastik, telah kami wujudkan dengan gerakan satu juta Tumblr generasi bijak plastik," jelas Mira.

Salah satu program unggulan, disebut kan Mira, adalah pojok literasi yang merupakan ajang diskusi yang akan memberikan berbagai informasi positif terkait kebijakan pemerintah. "Konsep acara ini adalah mengundang berbagai narasumber yang memiliki kompetensi mumpuni pada bidangnya," ucap Mira.

Dengan diskusi semacam ini, lanjut Mira, akan membawa pencerahan bagi masyarakat yang menyaksikan baik secara daring maupun tatap muka, sehingga, informasi yang didapatkan berdampak positif terhadap kehidupan masyarakat secara langsung.

"Harapan kami kegiatan pojok literasi ini terus menumbuhkan semangat dan kebaikan bagi semua elemen. Mengedukasi masyarakat terutama generasi milenial sehingga dapat menjadi bagian dari gerakan positif dalam mendukung pengelolaan sampah," pungkas Mira Tayyiba. (Azwar)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Sebarluaskan Potensi Ekonomi Pengelolaan Sampah, Kemkominfo Manfaatkan Berbagai Kanal Komunikasi

Trending Now

Iklan