Iklan

15.000 UMKM Unggulan Jabar Siap Sukseskan Gernas BBI

warta pembaruan
02 April 2021 | 11:24 AM WIB Last Updated 2021-04-02T04:24:59Z


Bandung, Wartapembaruan.co.id - Sebanyak 15 ribu Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di wilayah Jawa Barat (Jabar) siap menyukseskan dan memeriahkan acara Sinergi Karya Kreatif Jawa Barat dan Pekan Kerajinan Jawa Barat 2021 Untuk Mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) dan Bangga Berwisata #DiIndonesiaAja (BWI) yang akan dilaksanakan selama bulan April 2021.

"Pertama, 15 ribu UMKM di Jabar siap dalam Program Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia yang dicanangkan oleh Pak Presiden. Alhamdulillah oleh pemerintah pusat jatah bulan April ada pada promosi maksimal produk-produk Jawa Barat," ungkap Gubernur Jawa Barat M. Ridwan Kamil, saat jumpa pers Gernas BBI di Jawa Barat, di Gedung Negara Pakuan Bandung, Kamis (1/4).

Menurut Kang Emil, sapaan Ridwan Kamil, Pemprov Jabar, melengkapi Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia sebagai bentuk lain dari bela negara. "Kementerian Koperasi dan UKM sebagai yang terdepan juga mendukung ke Jawa Barat dengan UKM Jabar Paten yang tentu akan kita sinkronkan," ujar Kang Emil.

Orang nomor satu di Provinsi Jawa Barat ini berharap kalangan menengah atas bisa memaksimalkan perannya untuk mendukung UMKM di Jawa Barat yakni dengan berbelanja produk UMKM. "Belanja sebanyak-banyaknya, jangan ditahan, jangan disimpan agar api ekonomi Jawa Barat ini sampai akhir tahun bisa luar biasa," tutur Kang Emil.


Staf Khusus Menteri Koperasi dan UKM Bidang Ekonomi Kreatif Fiki Satari mengatakan Gernas BBI merupakan gerakan yang diprakarsai langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Postur UMKM ini 99 persen dari pelaku ekonomi di Indonesia, berkontribusi pada penyerapan tenaga kerja 98 persen, dan kontribusi pada PDB 60 persen. Saat pandemi ini betul-betul terdampak. Salah satunya terkait pembatasan mobilitas karena UMKM baru 8 juta unit usaha yang masuk ke ekosistem digital,” kata Fiki.

Oleh karena itu, Gernas BBI ini menjadi salah satu titik balik kebangkitan atau pemulihan usaha pelaku UMKM karena mendorong mereka untuk onboarding ke ekosistem digital.

Sementara latar belakang dipilihnya Provinsi Jawa Barat sebagai lokasi acara puncak Gernas BBI April 2021 tak lain karena Jabar selama ini merupakan trendsetter produk-produk lokal unggulan di Indonesia.

Sementara itu, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat Herawanto menuturkan pihaknya siap menyukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) dan Bangga Berwisata #Di Indonesia Aja (BWI) serta acara Sinergi Karya Kreatif Jawa Barat (KKJ) 2021.

Kegiatan Gernas BBI dan BWI April 2021 mengusung tema "Sinergi Mengembangkan Kreatifitas Menuju UKM Jabar Teratas" dan tagline “UMKM Jabar Paten, UMKM Juara”.

Upacara pembukaan Gernas BBI dan BWI Jawa Barat akan dilaksanakan pada Sabtu, 3 April 2021, secara hybrid.

Untuk pelaksanaan Opening Ceremony secara live, bertempat di Trans Convention Centre, Bandung. Kegiatan juga dapat diikuti secara online, yaitu melalui live streaming pada kanal media sosial Bank Indonesia Jawa Barat, Pemprov Jabar, Dekranasda, website www.karyakreatifjawabarat.com dan beberapa media partner yang telah ditunjuk.

Sementara itu, pembukaan Gernas BBI dan BWI Jawa Barat akan dilakukan oleh Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, dan Gubernur Jawa Barat M. Ridwan Kamil. (Azwar)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • 15.000 UMKM Unggulan Jabar Siap Sukseskan Gernas BBI

Trending Now

Iklan