News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Puluhan Tahun Terhenti, Masyarakat Jorong Mudiak Palupuah Kembali Adakan Ratik Tukak Bala, Apa itu ?

Puluhan Tahun Terhenti, Masyarakat Jorong Mudiak Palupuah Kembali Adakan Ratik Tukak Bala, Apa itu ?


Agam, Wartapembaruan.co.id - Masyarakat Jorong Mudiak Palupuah, Kabupaten Agam melaksanakan kegiatan tahlilan massal.(12/04)


Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang sering diadakan masyarakat jorong Mudiak Palupuah.
Tahlilan ini juga di sebut dengan ratik tulak bala. Yaitu kegiatan berupa zikir yang dikumandangkan sepanjang kampung dalam rangka berdo'a di jauhkan dari bala/ musibah.

Kegiatan ini dimotori oleh remaja masjid Al-Mubarok. Kegiatan ini dihadiri oleh ratusan masyarakat jorong Mudiak Palupuah, hingga tumpah ruah sepanjang jalan. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa terlibat langsung dalam acara tahlilan massal ini.

Wali Jorong Mudiak Palupuah, Novri Agus P.W S.Pd menyampaikan, acara tahlilan massal ini adalah tradisi yang baik, atau sering kami sebut acara "Ratik Tulak Bala".

"Setahu saya kegiatan ini sudah puluhan tahun terhenti di jorong Mudiak Palupuah, boleh dikatan kali ini adalah acara "Mambangkik Batang Tarandam" acara yang sudah lama di adakan. InsyaAllah mulai malam ini kita agendakan tiap tahunnya", ujar bapak jorong.

"Kita bermohon kepada Allah mudah-mudahan kampung kita aman, apalagi momennya kita mau memasuki bulan ramadhan, tentu ini adalah waktu yang tepat kita memperbaiki hubungan kita sesama manusia dan hubungan dengan sang maha pencipta, Hablumminallah Wa Hablumminannas", pungkas wali Jorong muda ini.

Imam Mesjid Al-Mubarak, Muhammad Nasir Tuangku Muhammad juga menambahkan, "kegiatan kita ini disamping menanamkan nilai-nilai tauhid juga bisa lebih mempererat tali silaturrahmi sesama muslim", ujar beliau.

Ketua remaja Mesjid, Arif Almahdi menyampaikan, ucapan terima kasih untuk semua pihak yang terlibat dalam kegiatan ini.

"selaku generasi muda saya berharap kegiatan ini setiap tahun bisa terlaksana",ucap Mahasiswa UIN Imam Bonjol Padang ini.

Laporan : Fauzaki Aulia

Tags

Newsletter Signup

Silahkan isi Email anda disini untuk mengikuti berita terbaru dari Warta Pembaruan.

Posting Komentar