Iklan

Situasi Papua Kian Memanas, IPW : Negara Tidak Boleh Kalah Dengan KKB

warta pembaruan
29 April 2021 | 7:59 PM WIB Last Updated 2021-04-29T12:59:57Z
Jakarta, Wartapembaruan.co.id -- Situasi Papua saat ini kian panas. Tiga anggota TNI yang luka luka dalam baku tembak dengan KKB di Distrik Ilaga Utara belum bisa dievakuasi karena helikopter yang hendak mengevakuasi ditembaki KKB yang menguasai kawasan tersebut.

Informasi yang diperoleh Ind Police Watch (IPW), helli Karakal dari Bandara Ilaga menuju TKP di Kamp Lumawi untuk mengevakuasi tiga anggota TNI yang luka ke Bandara Timika gagal mendarat. Sebab heli Karakal terus menerus ditembaki oleh kelompok KKB. Untuk itu heli masih standby di Bandara Aminggaru Ilaga sambil mencari celah agar bisa melakukan evakuasi terhadap ketiga korban,"Uraian neta.

Aksi tembak menembak antara TNI dan KKB terjadi Selasa 27 April 2021 pukul 08.00 Wit, di sekitar Markas Lumawi, Kamp Makki, Distrik Ilaga Utara, Kabupaten Puncak.

Kontak tembak itu antara Tim Satgas Ops Nemangkawi Polri & TNI dengan kelompok KKB pimpinan Lekagak Telenggen. Dalam kontak tembak itu tiga anggota Tim Satgas  Belukar terkena tembakan dan lima anggota KKB juga terkena tembakan, "Ucap neta.

Ketiga anggota TNI yang luka tembak adalah Ipda Anton Tonapa (Dantim Bravo 9 Belukar), yang Terkena Pada bagian Bahu. "Lalu Bripda Wily terkena paha atas, dan satu lagi belum diketahui identitasnya,"Kata neta .

Hingga saat ini masih dilakukan upaya evakuasi. Jika heli Karakal tidak bisa tembus masuk ke Markas Lumawi karena ditembaki KKB, rencananya akan dilakukan evakuasi melalui jalan darat, dengan menggunakan kendaraan roda empat.

Jika ini dilakukan, IPW khawatir kontak tembak akan terjadi lagi. Untuk itu aparatur TNI Polri harus mengantisipasinya secara cermat agar tidak ada lagi aparatur TNI yang tertembak, "kata neta.

Di sisi lain, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memerintahkan personel Satgas Operasi Nemangkawi untuk terus memburu Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua.

Disini, IPW memberi apresiasi pada sikap tegas Kapolri ini. Sebab kekerasan yang dilakukan KKB telah menimbulkan korban jiwa tidak hanya dari kalangan masyarakat tetapi juga prajurit Polri maupun TNI. Bagaimana pun negara tidak boleh kalah dengan KKB, "Beber neta.

Untuk itu IPW berharap personil Satgas Nemangkawi agar tidak gentar melakukan pengejaran terhadap KKB, meski IPW meragukan sikap profesionalnya, mengingat Papua memiliki dua Medan yang berbeda, yakni gunung dan hutan belantara, yang untuk menghadapinya perlu mental yang kuat dan strategi yang jitu."Jika tidak personil TNI Polri akan menjadi bulan bulan KKB," Ujar tegas Neta S. Pane Ketua Presidium Ind Police Watch (29/4/21).
(Eric )
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Situasi Papua Kian Memanas, IPW : Negara Tidak Boleh Kalah Dengan KKB

Trending Now

Iklan