Iklan

101 Perwira Remaja TNI AL Dilantik Presiden RI Dalam Upacara Prasetya Perwira TNI

warta pembaruan
13 Juli 2021 | 6:21 PM WIB Last Updated 2021-07-13T11:21:56Z


Surabaya, Wartapembaruan.co.id
-- Sebanyak 101 Perwira Remaja TNI AL lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan ke-66 mengikuti jalannya Upacara Prasetya Perwira TNI dan Pelantikan Perwira Polri tahun 2021 oleh Presiden RI Ir. Joko Widodo yang digelar secara virtual dari Halaman Istana Negara Jakarta, Selasa (13/7).

101 Perwira Remaja AAL Angkatan Ke-66 tersebut, terdiri dari 90 putra dan 11 putri, mengikuti pelaksanaan Upacara Prasetya Perwira TNI dan Pelantikan Perwira Polri tahun 2021 secara virtual dari Lapangan Aru, Kesatrian AAL Bumimoro, Surabaya disaksikan para orang tua perwira remaja masing-masing.

Selain Perwira Remaja  AAL, pelaksanaan Upacara Prasetya Perwira TNI dan Pelantikan Perwira Polri tahun 2021 ini juga diikuti  oleh 227 perwira Akmil (234 putra dan 13 putri), 106 perwira AAU  (96 putra dan 10 putri) serta 293 perwira Akpol (244 putra dan 29 putri) secara virtual dari kampus akademinya masing-masing.

Pada upacara Prasetya Perwira TNI dan Pelantikan Perwira Polri di Istana Negara, masing-masing akademi Angkatan dan Akpol menghadirkan dua perwakilannya, termasuk peraih Adi Makayasa dari AAL, Letda Laut (P) Always Giving Hamonongan Tiris, S.Tr (Han) dan satu perwakilan penyumpahan.

Hadir mendampingi Capaja AAL saat pelaksanaan upacara tersebut diantaranya Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono beserta beberapa Pejabat Utama Mabesal, Gubernur AAL Mayor Jenderal TNI (Mar) Nur Alamsyah, S.E., M.M., M.Tr (Han), Pangkotama TNI AL, Wagub AAL Laksamana Pertama TNI Rudhi Aviantara, S.E., M.Si., M.Tr (Han), Seklem AAL Laksamana Pertama TNI Syamsul Rizal, S.E., M.M., para Pejabat Utama AAL lainnya.

Dalam upacara Prasetya Perwira TNI yang dilaksanakan di Akademi Angkatan Laut dimeriahkan dengan penampilan display Genderang Suling Gita Jala Taruna yang dimainkan oleh Taruna AAL tingkat II angkatan ke-68, kesenian Rampak Bedug dan Bedung Dol oleh Taruna Tingkat l Angkatan ke-69 dan Flypass 4 Pesawat Bonanza dari Puspenerbal.

Selain itu nampak beberapa alutsista TNI AL yang dihadirkan sebagai background dalam upacara tersebut, diantaranya 1 unit Mockup KRI Dewaruci, 2 unit Tank BMP-3F, 2 unit LVT-7, 4 unit RM-70 Vampir, 4 unit Sea Rider dan 2 unit Howitzer 105MM.

Presiden Joko Widodo dalam amanatnya usai melantik 700 perwira TNI-Polri mengucapkan selamat kepada para Perwira Remaja lulusan Akademi TNI dan Akademi Kepolisian Republik Indonesia yang baru saja dilantik.

“Ingat, bahwa perjalanan Saudara-saudara baru saja dimulai. Perjalanan menjadi perwira yang setia dan mengabdi kepada bangsa, negara, dan rakyat Indonesia,” terangnya.

Menurut Presiden, untuk sampai ketahap sekarang ini, para perwira remaja telah melewati tahanpan seleksi yang kompetitif dan ketat, juga telah melampaui gemblengan yang sangat berat, melewati berbagai ujian dengan disiplin ilmu sesuai dengan matra masing-masing guna menguasai teknik, taktik, keterampilan yang dibutuhkan, sehingga memiliki karakter yang tanggap, karakter yang tanggon, karakter kepemimpinan yang trengginas, yang menjadikan sebagai putra-putri terbaik bangsa Indonesia.

“Sekali lagi, saya bangga bisa melantik Saudara-saudara menjadi Perwira Remaja TNI dan Polri, menjadi calon pemimpin Indonesia masa depan,” terangnya.

Presiden berharap, para perwira remaja TNI-Polri ini bisa menjadi bagian penting dari kualitas SDM Indonesia yang hebat untuk membangun Indonesia yang berdaulat dan bermartabat.

Pelihara kekompakan dan persatuan sesama perwira TNI dan Polri dengan tetap menghormati fungsi dan tugas masing-masing. Dan, melangkahlah ke gelanggang pengabdian dengan tegar, dengan optimisme dan penuh rasa percaya diri.

“Saudara-saudara tidak hanya sedang bekerja, tetapi sedang mengabdi demi kejayaan Indonesia. Terakhir, saya ucapkan selamat bertugas kepada para patriot muda Indonesia, buatlah orang tuamu bangga, buatlah Indonesia Berjaya,” pungkasnya.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • 101 Perwira Remaja TNI AL Dilantik Presiden RI Dalam Upacara Prasetya Perwira TNI

Trending Now

Iklan