Iklan

Tingkatkan SDM UMKM, Dinas Koperasi dan UKM Gelar Diklat Brendid Konten dan Sosmed

warta pembaruan
14 Juli 2021 | 10:27 AM WIB Last Updated 2021-07-14T03:27:15Z


SOFIFI, Wartapembaruan.co.id
- Peran teknologi sangatlah penting di era sekarang, dengan begitu, Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Maluku Utara (Malut) berupaya untuk mengoptimalisasikan hal tersebut dengan melaksanakan Diklat Digitalisasi Laporan Keuangan bagi UMKM, bertempat di Aula Rapat Dinas Koperasi dan UKM Malut, Selasa (13/7/2021) di Sofifi.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM, Wa Zaharia dalam sambutannya mengingatkan bahwa kita saat ini masih dalam suasana Pandemi covid 19 yang semakin menyebar luas. 

Untuk itu, secara peribadi dan kepada kita semua perlu diingatkan juga untuk senantiasa menjaga kesehatan kita masing-masing dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah, "ujar Wa Zaharia mengingatkan.

Lanjut Wa Zaharia, saat ini pelaku UMKM memiliki peran besar dalam perekonomian nasional dan bahkan ini adalah fakta yang membentang nyata, "kata mantan sekretaris Dinas PUPR Malut.

Menurutnya, Tumbuh kembangnya sektor ekonomi sangat rill terutama pelaku UMKM turut berkontribusi terhadap laju pertumbuhan ekonomi

daerah, akan tetapi UMKM masih menghadapi berbagai kendala, salah satunya yaitu masih rendahnya kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) Pelaku UMKM saat ini.

Dia menjelaskan, rendahnya kapasitas SDM pengelola UMKM mengakibatkan usaha UMKM menjadi lambat perkembangannya sehingga daya saing menjadi rendah.

Keadaan ini diakibatkan kurangnya pemahaman pengelola UMKM dalam mengelola usahanya secara baik dengan pemanfaatan perkembangan teknologi yang semakin pesat serta kurangnya jiwa wirausaha, "akunya.


Di era digital seperti saat ini, teknologi telah mengambil alih hampir semua bidang pekerjaan dan bisnis.  "Jika dimanfaatkan dengan baik, tehnologi dapat membantu pekerjaan menjadi lebih mudah atau bisnis semakin berkembang.

Misalnya, ketika kita memanfaatkan teknologi untuk kegiatan marketing maka dapat beragam sarana dan sosial media lainnya. Selain itu, kita juga dapat mempromosikan  berbagai produk seperti melalui Facebook, WhatsApp, Instagram, Yutube, Twitter, dan beragam medsos lainnya di sana.

Dalam menjalankan sebuah usaha, menawarkan produk atau jasa yang ditawarkan adalah salah satu kunci

sukses. Olehnya itu, dibutuhkan strategi pemasaran yang mumpuni agar konsumen mengetahui dan mengenali produk atau jasa yang kita tawarkan.

Ia juga menyampaikan, tanpa memiliki strategi pemasaran yang bagus akan sulit mengembangkan

bisnis dengan maksimal, bahkan resiko kalah saing sangat mungkin terjadi.

Selain itu, penggunaan sosial media untuk memasarkan produk sangat efisien dan menguntungkan, akan

tetapi teknologi ini belum dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh UMKM di Malut. Hal ini diakibatkan masih kurangnya pemahaman tentang pemanfaatan teknologi digital.

Dengan begitu, dalam upaya peningkatan pemahaman UMKM untuk pemanfaatan teknologi, maka Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Malut hari ini melaksanakan Diklat Brendid konten dan sosial media bagi pelaku UMKM di Malut.

Oleh sebab itu, Diklat ini diharapkan dapat meningkatan kemampuan UMKM dalam memanfaatkan teknologi digital seperti

seperti pemanfaatan sosial media untuk memasarkan produk-produk UMKM.

Kemudian, saya juga berharap adanya perhatian yang serius dari para peserta Diklat terhadap materi yang disampaikan oleh narasumber sehingga nantinya dapat diterapkan pada pengembangan usahanya masing-masing.

Sebelum mengakhiri sambutannya, 

Wa Zaharia mengajak semuanya untuk selalu mensyukuri nikmat yang diberikan kepada kita dan dengan senantiasa selalu memohon Ridho Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa. Kemudian dengan resmi saya nyatakan Diklat Brand Konten dan Sosial Media Bagi UMKM se-Provinsi Maluku Utara. 

Sebagai informasi, kegiatan yang berlangsung langsung menghadirkan salah satu akademisi dari Bogor untuk menjadi narasumber, Lisa Fitri dan juga dihadiri Para Pejabat Eselon III dan IV pada Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Malut. (Adi)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tingkatkan SDM UMKM, Dinas Koperasi dan UKM Gelar Diklat Brendid Konten dan Sosmed

Trending Now

Iklan