Iklan

Belajar dan Berinovasi di Tengah Pandemi Covid-19

warta pembaruan
09 September 2021 | 11:06 AM WIB Last Updated 2021-09-09T04:06:31Z
Wartapembaruan.co.id -- Masa pandemi COVID-19 jadi waktu tepat untuk berinovasi dalam pendidikan. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim pun juga telah  menyampaikan beberapa amanat pendidikan di masa COVID-19. Salah satu amanat tersebut adalah bahwa kita sebagai masyarakat masih dapat belajar melalui krisis yang terjadi saat ini.

Kita sebagai masyarakat juga menyadari betapa pentingnya kesehatan, betapa pentingnya kebersihan, dan betapa pentingnya norma-norma kemanusiaan di dalam masyarakat kita. Namun kondisi pandemi yang saat ini melanda menciptakan banyak pembelajaran baru tidak hanya buat guru, siswa, dan orang tua, namun juga untuk masyarakat Indonesia.

Timbulnya empati, timbulnya solidaritas di masayarakat kita pada saat pandemi COVID-19 ini merupakan sebuah pembelajaran yang harus kita kembangkan bukan hanya di masa krisis ini tetapi pada saat masa krisis ini sudah berlalu. Bahwa dalam  masa COVID-19 inilah justru  merupakan waktu yang baik untuk kita berinovasi dalam hal pendidikan agar bisa menjadi masyarakat dan bangsa yang lebih baik. "Belajar memang tidak selalu mudah, tapi ini saatnya kita berinovasi, ini saatnya kita bereksperimentasi, ini saatnya kita mendengar hati nurani kita dan belajar dari COVID-19 agar kita menjadi masyarakat dan bangsa yang lebih baik di masa depan”. 

Efisiensi dalam pelaksanaan pendampingan pembelajaran di masa pandemi ini harus dilakukan. langkah-langkah inovasi yang tentunya menjadi upaya bersama para guru untuk menjawab tantangan di satuan pendidikan dalam melayani putra-putri didiknya. Untuk melakukan inovasi, harus paham dulu tentang apa yang akan dilakukan dan apa yang akan dibuat. Tanpa paham dengan dua hal tersebut tidak mungkin akan menciptakan inovasi.

“Contohnya kalau suatu daerah tidak tahu apa itu Covid-19 dan bagaimana menanganinya, tidak mungkin dia mampu untuk berinovasi. Makanya bidang apapun ketika kita mau melakukan inovasi kita harus pahami dulu bidang itu secara maksimal, secara detail, baru kita bisa lakukan langkah-langkah inovasinya.
Inovasi itu sendiri adalah bagaimana menghasilkan sesuatu yang efisien dari segi waktu, biaya maupun mempermudah pemahaman. “Kalau kita sudah paham tentang tugas pokok dan fungsi kita secara baik maka kita bisa berpikir untuk bagaimana berinovasi. Karena inovasi itu adalah bagaimana cara kita menyelesaikan segala sesuatu dengan cepat, transparan, murah dan akuntabel.

Penulis : Siti Aisyah
Mahasiswa Hukum A'20 Unimal
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Belajar dan Berinovasi di Tengah Pandemi Covid-19

Trending Now

Iklan