News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Tambah Wawasan, 4 Instansi Maritim Semarang Jadi Sasaran Studi Lapangan Pasis Sus Danlanal

Tambah Wawasan, 4 Instansi Maritim Semarang Jadi Sasaran Studi Lapangan Pasis Sus Danlanal

Surabaya, Wartapembaruan.co.id - Sebanyak 19 orang Perwira Siswa atau Pasis peserta Kursus Komandan Pangkalan (Sus Danlanal) Tahun Angkatan 2021 dari Koarmada II, melaksanakan kunjungan studi lapangan ke Semarang. Empat instansi yang berkecimpung dalam bidang maritim menjadi obyek studi, yakni Kantor Bea Cukai Tanjung Emas, Dinas Perikanan Kota Semarang, Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas I Tanjung Emas, dan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang.

Studi lapangan yang dilaksanakan pada Rabu (22/9) ini menurut Palaklat Letkol Marinir A.Mukhroji, adalah bagian dari materi yang diterima para Pasis selama satu bulan mengikuti kursus. Tujuannya tidak lain untuk menambah wawasan Pasis terhadap bidang-bidang lain yang memiliki keterkaitan dengan TNI AL, yang harus dipahami oleh seorang Komandan Lanal nantinya.

Seperti waktu para Pasis mengunjungi kantor Bea Cukai Tanjung Emas yang diterima langsung oleh Kepala Kantor BC Tanjung Emas, Anton Martin. Kepada pasis, Anton menyampaikan bahwa sebagai Community Protector, Bea Cukai memberi perhatian khusus dalam upaya mengantisipasi meningkatnya Transnasional Organized Crime. “tentunya hal ini tidak bisa kita laksanakan sendiri, namun harus menjalin kolaborasi bersama kementrian dan lembaga lain termasuk jajaran TNI Angkatan Laut,” ujarnya.

“Sebagai upaya untuk penegakan hukum di laut, kami melakukan Patroli laut sebagai perwujudan aspek pengawasan terhadap barang yang diangkut di sarana pengangkut guna memastikan ketentuan Undang-undang Kepabeanan dipenuhi, ” imbuh Anton.

Terkait pelaksanaan studi lapangan pasis Sus Danlanal TA 2021, Dankolat Koarmada II Kolonel Laut (P) Mulyadi di tempat terpisah menyampaikan bahwa dengan adanya studi lapangan diharapkan para peserta dapat meningkatkan pengetahuan teknis dan taktis secara optimal, serta mampu memecahkan permasalahan dan persoalan yang dihadapi di satuan kerjanya nanti, baik secara individu maupun kelompok dalam lingkup tugas dan wewenang masing-masing.

Dankolat juga menambahkan jika pelaksanaan studi lapangan sejalan dengan imbauan Pangkoarmada II Laksda TNI Dr.Iwan Isnurwanto, S.H.,M.A.P.,M.Tr.(Han), agar para pasis sebagai calon Komandan Lanal, mampu melaksanakan tugas dan tanggung jawab serta dapat mengambil tindakan sesuai prosedur saat menghadapi persoalan di wilayah kerjanya. Serta mampu menjawab tuntutan TNI AL yang profesional melalui pengembangan kemampuan dan profesionalisme kerja mereka.

(Pen2)

Tags

Newsletter Signup

Silahkan isi Email anda disini untuk mengikuti berita terbaru dari Warta Pembaruan.