News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Limbah CPO PKS PTPN IV UNIT AJAMU Genangi Lahan Produksi

Limbah CPO PKS PTPN IV UNIT AJAMU Genangi Lahan Produksi

Labubanbatu, Wartapembaruan.co.id - Selain bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit PT Perkebunan Nusantara IV ( PTPN IV) Ajamu 1 Juga memiliki pabrik pengolahan Kelapa sawit ( PKS)PTPN IV AJAMU sebagai salah satu anak perusahaan BUMN yang berada di Desa Perkebunan Ajamu, Kecamatan Panai Hulu, Kabupaten Labuhanbatu , Sumut.

Proses Produksi memiliki tahapan mulai dari penerimaan buah Tandan Buah Segar ( TBS) yang dilakukan di loding ramp dan siterillisasi dan perebusan buah dan sampai proses terakhir pemurnian .

Selain menghasilkan CPO ,PKS juga menghasilkan minyak inti  kelapa sawit ( PKO).

PKS juga tentu mengeluarkan Limbah, baik dalam bentuk padatan dan Cairan.

Menurut Pantauan awak media ini, diduga limbah cair melimpah dari kolam pabrik kelapa sawit, dan diduga sengaja limbah CPO PKS (Pabrik Kelapa Sawit ) milik PTPN IV AJAMU dibuang dan alirkan ke lahan perkebunan produktif.

"Limbah cair  CPO PKS AJAMU I yang diduga sengaja dibuang ke areal perkebunan produktif mengakibatkan karyawan terkendala untuk melakukan aktivitas pemanenan TBS .

Limbah cair yang  meluap disekitar batang pohon sawit yang masih produktif, tentu nya akan berdampak ke hasil produksi pohon kelapa sawit tersebut.

Masih di areal kolam pabrik kelapa sawit  PTPN IV Ajamu I ,terlihat pohon  kelapa sawit mati dan gagal reproduksi, Diduga pohon kelapa sawit yang masih produktif mati akibat limbah cair yang menggenangi areal Batang sawit, Sabtu 16/10/2921.

"Batang pohon kelapa sawit yang berada di lokasi sekitar kolam, terlihat keseluruhannya dibanjiri limbah cair dari pembuangan pabrik Kelapa Sawit milik PTPN IV UNIT AJAMU I.
Pokok kelapa sawit  disekitar kolam  diduga disengaja ditelantarkan.

Saat dikonfirmasi," Meneger PKS Pabrik Kelapa Sawit, Tuah Tarigan belum membaca ketikan yang dikirimkan melalui Aplikasi WatsApp.

''Diwaktu yang berbeda Meneger Perkebunan PTPN IV UNIT AJAMU I Denni Hutagalung enggan membalas konfirmasi awak media ini  yang mengirimkan tulisan ,Slamat siang Pak Meneger, Limbah Cair dari PKS ( Pabrik Kelapa Sawit) dialirkan kelahan produksi, Apakah itu tidak salah Pak,dan apakah memang sudah ada ijin Bapak ,dan kerja sama pimpinan perkebunan dengan pimpinan pabrik kelapa sawit?,Mohon Penjelasannya Pak , Denni Hutagalung selaku Meneger Perkebunan di PTPN IV UNIT AJAMU I diam dan tidak berkenan membalas konfirmasi awak media ini ,Walau jelas terlihat ceklis dua di Watsapp miliknya pada Senin 17/10/2021.

"Bahrowi", selaku Humas di PTPN IV UNIT AJAMU I ,saat dikonfirmasi 17/10/2021 melalui WhatsApp Pribadinya tidak juga menjawab pertanyaan yang di lontarkan awak media ini , Sangat disesalkan  seorang Denni Hutagalung  Pimpinan dari perusahaan milik negara harus diam tanpa ada jawaban apapun, demikian juga halnya dengan Bahrowi selaku Humas di PTPN IV UNIT AJAMU I ,Tidak berani menjawab konfirmasi awak media ini , hingga berita ini disiarkan .

( Marhite Rajagukguk).

Tags

Newsletter Signup

Silahkan isi Email anda disini untuk mengikuti berita terbaru dari Warta Pembaruan.