News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Napak Tilas Pejuang Blitar, Dalam Rangka Hari Pahlawan 10 November 2021

Napak Tilas Pejuang Blitar, Dalam Rangka Hari Pahlawan 10 November 2021


Blitar, Wartapembaruan.co.id
- Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Tahun 2021 Kodim 0808/Blitar menggelar kegiatan napak tilas peristiwa pemberontakan dan perjuangan tentara PETA, yang dipimpin oleh Shodanco Supriyadi pada tanggal 14 Februari 1945 terhadap penjajah Jepang. Minggu (14/11/2021) malam hari.

Kegiatan ini diselenggarakan untuk mengenang perjalanan Pahlawan Nasional yakni Shodanco Supriyadi di dalam perjuangannya bersama masyarakat mengusir penjajah Jepang di bumi Blitar, atau yang lebih di kenal dengan pemberontakan PETA.

Dandim 0808/Blitar Letkol Inf Didin Nasruddin Darsono mengungkapkan, kegiatan napak tilas ini, bertujuan untuk mengingat kembali sejarah-sejarah perjuangan Pahlawan, sebagai motivasi bagi para generasi penerus Bangsa.

Selain untuk memperingati Hari Pahlawan, kegiatan napak tilas ini juga untuk memperingati HUT TNI yang ke 76 dan HUT Korem 081/DSJ ke 58 Tahun 2021.


"Semangat pantang menyerah para Pahlawan Bangsa harus senantiasa kita lestarikan dan wariskan kepada generasi-generasi penerus, sebagai penyemangat dan motivasi, serta inspirasi dalam mengisi pembangunan sekarang ini,

"ungkap Dandim 0808/Blitar.

Kegiatan napak tilas mengambil rute, start dari kediaman tokoh pejuang kemerdekaan dan Pahlawan Nasional Indonesia Soekarni Kartodiwirjo yang berada di Desa Sumberdiren Kecamatan Garum Kabupaten Blitar dan finis di Monumen Peta Jl. Sudanco Supriyadi, Bendogerit Kec.Sananwetan Kota Blitar.

Kegiatan napak tilas tersebut diikuti peserta dari berbagai kalangan, yang meliputi para pelajar SMA/SMK, mahasiswa, anggota ormas kepemudaan, karang taruna, prajurit TNI dan personel Polri.

Sementara itu, salah satu peserta dari kalangan pelajar Aji (19 Th) sangat senang mengikuti kegiatan napak tilas yang di selenggarakan oleh Kodim 0808/Blitar.

"Sangat senang mengikuti napak tilas ini, karena bisa mengenang jasa Pahlawan kita, selain itu juga dapat memberikan wawasan kepada kami khususnya bagi generasi muda, untuk lebih memperkuat idealisme dan nasionalisme yang harus tertanam pada diri kita, sebagai para generasi penerus bangsa, ucapnya.

(Eric)

Tags

Newsletter Signup

Silahkan isi Email anda disini untuk mengikuti berita terbaru dari Warta Pembaruan.