Iklan

Pemerintah Siapkan Konsep Peningkatan Perlindungan TKBM yang Meliputi Implementasi K3

warta pembaruan
04 November 2021 | 4:07 PM WIB Last Updated 2021-11-04T09:07:36Z

Jakarta, Wartapembaruan.co.id
- Pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) tengah menyiapkan konsep di bidang ketenagakerjaan untuk dimasukkan dalam National Logistic Ecosystem (NLE), yakni suatu ekosistem logistik yang menyelaraskan arus lalu lintas barang dan dokumen internasional sejak kedatangan sarana pengangkut hingga barang tiba di gudang.


"Konsep yang akan dimasukkan ini khususnya dalam upaya meningkatkan dan menguatkan pelindungan TKBM yang meliputi implementasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), hingga hak-hak TKBM," ucap Direktur Jenderal PHI dan Jamsos Kemnaker, Indah Anggoro Putri, saat membuka acara Inagurasi, Deklarasi, dan Rakernas SPPI Bersatu, Rabu (3/11/2021), di Bogor, Jawa Barat.

Selain itu, menurut Putri, Pemerintah juga tengah berupaya melakukan pembenahan tata kelola yang terintegrasi antar kementerian/lembaga terkait Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM).

"Pembenahan ini sebagai upaya untuk perbaikan ekosistem logistik dengan menyelaraskan arus lalu lintas barang dan dokumen internasional sejak  kedatangan sarana pengangkut hingga barang tiba di gudang berdampak terhadap eksistensi TKBM," ujar Putri.

Ia mengemukakan, pembenahan tata kelola ini dilakukan meliputi tiga aspek. Pertama, regulasi yang efisien dengan standar layanan yang prima, penerapan simplifikasi serta penghapusan repetisi dan duplikasi proses bisnis. Kedua, penyiapan SDM untuk mendukung desain NLE.

"Ketiga, menciptakan strategi penataan ruang logistik yang tepat dengan didukung sistem teknologi informasi yang mampu menciptakan kolaborasi digital atas seluruh proses logistik dalam 1 platform," pungkas Indah Anggoro Putri. (Azwar)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pemerintah Siapkan Konsep Peningkatan Perlindungan TKBM yang Meliputi Implementasi K3

Trending Now

Iklan