News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Presiden Joko Widodo Resmikan Jalan Tol Serang-Panimbang

Presiden Joko Widodo Resmikan Jalan Tol Serang-Panimbang


Serang, www.wartapembaruan.co.id
– Presiden Joko Widodo  meresmikan pengoperasian Jalan Tol Serang–Panimbang Seksi 1 (Ruas Serang-Rangkasbitung) di Serang, Provinsi Banten, Selasa (16/11/2021). 

Jalan Tol Serang–Panimbang (Serpan) Seksi I sepanjang 26,5 kilometer diyakini akan meningkatkan daya saing ekonomi Provinsi Banten, khususnya di Kabupaten Lebak dan Kabupaten Pandeglang.

Pengerjaan jalan tol dikerjakan berdasarkan skema Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU), dengan nilai investasi sebesar Rp 8,58 triliun. Seksi 1-2 menjadi porsi Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) oleh PT Wijaya Karya Serang-Panimbang dan Seksi 3 porsi pemerintah.

“Alhamdulillah, Ruas Tol Serang-Panimbang Seksi I Serang-Rangkasbitung telah selesai dibangun dan siap untuk dioperasikan. Kemudian akan dilanjutkan dengan Seksi II, yaitu Rangkasbitung-Cileles sepanjang 24 km, dan juga Cileles-Panimbang sepanjang 33 km, yang akan dituntaskan pada akhir 2023,” kata Presiden Jokowi ketika meresmikan.

Menurut Presiden, infrastruktur adalah fondasi bagi negara Indonesia untuk bersaing dengan negara-negara lain. Dikemukakan, tidak mungkin sebuah negara bisa melampaui negara lain kalau index competitiveness-nya lebih rendah. Sebab, tanpa ketersediaan infrastruktur memadai harga barang akan menjadi tinggi.

"Itulah yang kita kejar. Kalau infrastruktur kita siap, artinya barang-barang kita juga akan menjadi terdistribusi lebih baik dan lebih murah," katanya.

Ketersediaan infrastruktur, katanya, menjadi faktor penting untuk mendorong pertumbuhan ekonomi daerah. Selain membuka lapangan kerja, pendapatan masyarakat juga meningkat. Ia juga yakin keberadaan jalan tol baru akan menjadi pengungkit pertumbuhan ekonomi di Provinsi Banten, terutama di sekitar jalan tol, yaitu Kabupaten Lebak dan Kabupaten Pandeglang.


Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, Jalan Tol Ruas Serang-Panimbang diharapkan akan mendukung pengembangan ekonomi wilayah Banten bagian tengah dan Banten bagian selatan sehingga bisa mengejar kemajuan wilayah Banten utara yang secara geografis berdekatan dengan Ibu Kota DKI Jakarta.

Dikemukakan bahwa Jalan Tol Serang-Panimbang dengan total panjang 83,67 km terdiri atas tiga seksi, yakni Seksi 1 sepanjang 26,5 km menghubungkan Serang-Rangkasbitung, yang pengerjaannya sudah selesai 100 persen.

Kemudian Seksi 2 sepanjang 24,17 km menghubungkan ruas tol Rangkasbitung-Cileles, dan Seksi 3 sepanjang 33 km menghubungkan Cileles-Panimbang yang masih dalam tahap konstruksi.

Salah satu sumber dana pembangunan  jalan tol dihimpun PT Wijaya Karya Serang Panimbang dengan menandatangani perjanjian kredit sindikasi dan line fasilitas pembiayaan sindikasi bersama 11 bank.

Jika sudah tersambung seluruhnya, diharapkan kehadiran Tol Serang-Panimbang akan memberikan kemudahan dan efisiensi waktu perjalanan dari Jakarta menuju kawasan pariwisata Tanjung Lesung yang sebelumnya membutuhkan waktu tempuh hingga 4-5 jam menjadi sekitar 2-3 jam dengan kecepatan rata-rata 100 km per jam. (ys_soel)

Tags

Newsletter Signup

Silahkan isi Email anda disini untuk mengikuti berita terbaru dari Warta Pembaruan.