Iklan

Kemnaker Siapkan Empat Isu Majukan Bidang Ketenagakerjaan Indonesia di Expo 2020 Dubai

warta pembaruan
27 Desember 2021 | 6:14 PM WIB Last Updated 2021-12-27T11:14:05Z


Dubai, Wartapembaruan.co.id
- Di pekan ke-12 Expo 2020 Dubai, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menyatakan kesiapan untuk berkolaborasi dengan semua pihak, baik pemerintah maupun swasta di dalam maupun luar negeri, untuk kemajuan bidang ketenagakerjaan Indonesia. Secara formal, Kemnaker mengungkapkan empat isu ketenagakerjaan yang terus ditangani dan disampaikan kepada dunia.

Keempat isu tersebut adalah program dan kebijakan ketenagakerjaan yang bervisi ke depan; peran dan fungsi stakeholders pemerintah, swasta baik pusat dan daerah; iklim ketenagakerjaan yang ramah investasi; dan dukungan semua pihak terhadap penghargaan akan kesetaraan, hak asasi, dan dunia kerja yang inklusif. Termasuk isu-isu lain yang berkembang di era kebangkitan pasca pandemi.

"Seluruhnya menjadi gambaran komitmen Indonesia untuk kesiapan sisi ketenagakerjaan dalam mendukung terwujudnya iklim investasi yang ramah," kata Direktur Bina Penempatan Tenaga Kerja Dalam Negeri (PTKDN) Kemnaker, Nora Kartika, Minggu (26/12/2021) waktu Dubai.


Kemnaker bersama lebih dari 23 unsur Kementerian dan Lembaga (K/L) lain dan 13 perwakilan pemerintah daerah bersama-sama menyatukan peran dan visi sebagai bagian dari delegasi Indonesia. Bersama Kementerian Keuangan, Kemnaker hadir pada Agenda Minggu ke-12 Expo 2020 Dubai, berkolaborasi mengangkat tema yang bervisi ke depan yaitu The Future of Indonesia Labour.

"Kami menampilkan sisi-sisi capaian pembangunan sumber daya tenaga kerja dan ketenagakerjaan sebagai bagian penting dukungan terbaik dalam pembangunan teknologi, inovasi, dan iklim bisnis yang sehat," ucap Nora.

Nora Kartika menjelaskan, Expo 2020 Dubai menjadi bentuk diplomasi budaya Indonesia yang memikat dunia, dengan simbol keberagaman, damai, dan kearifan. "Untuk itu seluruh unsur yang terlibat  dalam EXPO Dubai 2020, baik dari pemerintah, swasta, masyarakat, bahkan seluruh masyarakat Indonesia yang bermukim di PEA merupakan delegasi dan turut membawa nama baik Indonesia," jelas Nora.

Nora menuturkan, sesuai tema utama Expo Dubai 2020 yaitu Connecting Minds Creating the Future, misi kehadiran Indonesia di Expo 2020 Dubai, mengangkat tema Land of Diversity - Folklore Performance.  pada agenda pekan ke-12 Expo Dubai 2020, Kemnaker menghadirkan perkembangan Indonesia dalam hal ketenagakerjaan yang bervisi ke depan, menyesuaikan reformasi birokrasi, dan untuk memperkenalkan SDM unggul Indonesia melalui forum bisnis, business meeting, dan pameran produk UMKM.

"Kita hadir bersama untuk mendukung pemajuan potensi budaya dan peluang bisnis di Indonesia yang diharapkan semakin dikenal dan menarik dunia internasional," pungkas Nora Kartika. (Azwar)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kemnaker Siapkan Empat Isu Majukan Bidang Ketenagakerjaan Indonesia di Expo 2020 Dubai

Trending Now

Iklan