Iklan

Lanud Rsn Gelar Sosialisasi Recruitment Komcad

warta pembaruan
16 Desember 2021 | 8:58 PM WIB Last Updated 2021-12-16T13:58:58Z


Pekanbaru.wartapembaruan.co.id
- Lanud Roesmin Nurjadin gelar sosialisasi dan pengenalan recruitmen komponen cadangan matra udara, tempat di Gedung Prajurit Edi Harjoko Lanud Roesmin Nurjadin, Rabu (16/12/21).

Turut hadir, Kadispers Kolonel Adm Fauzan Zuhdi, Kadispotdirga Kolonel Tek P. Siboro, S.T., Dansathanlan, ...., Letkol Kes R. Novita Sinaga dan

para pejabat Pemprov Riau, dan pejabat Pemko Pekanbaru, G.M. Angkasa Pura II Bandara SSK, G.M. Airnav Cab. Pekanbaru, Para Camat, Lurah dan  undangan lainya.

Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Andi Kustoro, S.E., dalam sambutannya yang dibacakan Kadisops Lanud Rsn Kolonel Pnb Adi Safarul Akbar mengatakan, sesuai dengan penekanan bapak Presiden RI, Komponen Cadangan (Komcad)  tidak boleh digunakan untuk hal-hal lain, kecuali untuk pertahanan dan kepentingan negara.  Kepala negara juga menegaskan bahwa penetapan komponen cadangan akan makin memperkokoh sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta (sishankamrata).  Oleh karena itu setiap warga negara berhak ikut serta dalam upaya bela negara dan usaha pertahanan negara. 

"Pembentukan Komcad juga merupakan amanat Undang-Undang Dasar 1945, Undang-Undang nomor 3 tahun 2002 tentang pertahanan negara, dan Undang-Undang Nomor 23 tahun 2019 tentang pengelolaan sumber daya nasional untuk pertahanan negara.  Oleh karena itu komponen cadangan merupakan salah satu unsur dari sumber daya pertahanan militer selain komponen utama, komponen pendukung serta sarana dan prasarana nasional",katanya.

Lebih lanjut Danlanud Mengatakan, tujuan pembentukan Komcad kedepan didasari dengan kesadaran bela negara adalah untuk melipatgandakan kekuatan utama pertahanan negara. Komponen Cadangan (Komcad)  berbeda dengan TNI, TNI merupakan Angkatan Bersenjata Negara Indonesia dan berperan sebagai alat negara dibidang pertahanan sementara Komcad tetap berstatus sebagai warga sipil,  untuk selanjutnya diorganisir dalam rangka menjaga kesiapsiagaan bila sewaktu-waktu dibutuhkan.

"Oleh karena itu anggota Komcad  harus selalu siap-siaga jika dipanggil negara, dan akan dikerahkan apabila negara dalam keadaan darurat militer atau keadaan perang", ungkapnya.

Marsma TNI Andi Kustoro mengatakan, bahwa berdasarkan telegram Aspotdirga Kasau Nomor T/88/2021 tentang pelaksanaan sosialisasi komponen cadangan  matra udara tertanggal 9 Juni 2021, Lanud Rsn merupakan salah satu institusi yang dipercaya untuk melaksanakan sosialisasi Komcad matra udara.

"Dengan terlaksananya sosialisasi Komcad matra udara ini tentunya kami berharap kepada peserta sosialisasi agar menyiapkan personelnya untuk ikut andil dalam recruitment personel Komcad  yang akan dilaksanakan dikemudian hari, keberhasilan kegiatan ini tidak lepas dari dukungan dan kerjasama semua perserta sosialisasi", ujarnya.

Kegiatan diawali dengan lagu Indonesia Raya, doa, foto bersama dan dilanjutkan paparan pengenalan Lanud Roesmin Nurjadin oleh Mayor Lek Ferri dan paparan sosialisasi pengenalan recruitment Komcad Matra Udara oleh....

Kegiatan berjalan dengan aman dan lancar.

(Erick/Riau)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Lanud Rsn Gelar Sosialisasi Recruitment Komcad

Trending Now

Iklan