Iklan

Menaker: Pelatihan vokasi Award Simbol Komitmen Bangun Keunggulan di Tengah Perubahan

warta pembaruan
16 Desember 2021 | 6:23 PM WIB Last Updated 2021-12-16T11:23:54Z


Tangerang, Wartapembaruan.co.id
- Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengungkapkan, Pelatihan Vokasi Award (PVA) 2021, bukanlah sekedar merefleksikan torehan prestasi di bidang pelatihan vokasi belaka. Lebih dari itu, PVA juga melambangkan spirit dan komitmen untuk terus membangun keunggulan di tengah perubahan.

"Ketika kondisi sosial-ekonomi diwarnai oleh aneka macam disrupsi dan ketidakpastian, ternyata tetap banyak penggiat pelatihan vokasi yang mampu menuliskan kisah kesuksesan dengan tinta emas. Ketangguhan mereka menjadi salah satu bukti kekuatan SDM Indonesia, yang tak gampang menyerah meski dihantam gelombang masalah, " ungkap Ida Fauziyah, dalam sambutannya saat menyerahkan anugerah kepada 38 nominasi untuk 10 kategori serta Insan dan Mitra Pelatihan Vokasi pada acara penganugerahan Pelatihan Vokasi Award (PVA) 2021 bertajuk SDM Kompeten, Indonesia Maju di Tangerang, Banten, Kamis (16/12/2021).

Penganugerahan PVA 2021 disaksikan secara virtual oleh Wakil Presiden RI, K.H. Ma'ruf Amin; Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendy; Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki; dan secara offline oleh Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) 1999-2000, Bomer Pasaribu.


Ida Fauziyah menilai sudah sepatutnya pemerintah menghargai jerih payah SDM yang tak mudah menyerah tersebut. Bahkan terus memotivasi, memfasilitasi, dan turut mengembangkan benih-benih keunggulan pelatihan vokasi tersebut, agar dapat melahirkan masyarakat ekonomi yang lebih kuat dan berdaya saing tinggi, sebagaimana visi yang terkandung dalam SDM Unggul, Indonesia Maju dan 9 Lompatan Menaker.

"Pelatihan vokasi memiliki banyak keunggulan di masa pemulihan ekonomi, terutama dalam hal peningkatan daya saing angkatan kerja dan kebutuhan supply and demand di dunia usaha dan industri (DUDI), ucap Ida, yang didampingi Sekjen Kemnaker, Anwar Sanusi dan Dirjen Binalavotas Kemnaker, Budi Hartawan.

Menurut Ida, PVA ini, selain durasi relatif singkat, input peserta tidak terbatas usia tertentu, inklusif yakni berlaku untuk semua kalangan, berorientasi penempatan kerja,  kewirausahaan dan peningkatan produktivitas, fleksibilitas program pelatihan terhadap perubahan dunia kerja, SDM pengajar adalah praktisi, dan program pelatihan to the point terhadap kompetensi yang dibutuhkan.

Selain sebagai bentuk apresiasi pemerintah terhadap pemangku kepentingan pelatihan vokasi, Ida Fauziyah berharap PVA perdana tahun 2021, dapat diselenggarakan secara rutin setiap tahunnya.

"PVA ini sebagai salah satu langkah percepatan peningkatan kompetensi tenaga kerja melalui pelatihan vokasi dan memberikan efek positif kepada para pelaku yang bergerak dibidang pelatihan vokasi agar meningkatkan kualitas, baik lembaga maupun lulusan peserta pelatihan," ucap Ida.

Ida Fauziyah menambahkan, pemilihan nominasi ini telah melalui proses yang  objektif dan telah melibatkan Dewan Juri berkompeten di bidangnya. "Namun demikian, kami sangat terbuka dengan masukan serta saran yang konstruktif untuk menjadikan Pelatihan Vokasi Award ini lebih baik dari tahun ke tahun," pungkas Ida Fauziyah.

Berikut 38 nominasi dari 10 kategori serta insan dari mitra pelatihan vokasi yang dinobatkan meraih PVA 2021. Yakni 3 BLK UPTP terbaik; 3 BLK UPTD terbaik, 3 BLK Komunitas terbaik; 3 LPK swasta terbaik; 2 LPK perusahaan (training center) terbaik; 3 perusahaan penyelenggara pemagangan dalam negeri terbaik; 3 perusahaan penyelenggara pemagangan luar negeri terbaik (sending organizer) terbaik; 3 Lembaga Sertifikasi Profesi P2 terbaik; 3 Instruktur berprestasi; dan 3 Alumni berprestasi. (Azwar)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Menaker: Pelatihan vokasi Award Simbol Komitmen Bangun Keunggulan di Tengah Perubahan

Trending Now

Iklan