Iklan

Peserta Wira Jala Yudha Kodiklat TNI AL Diajarkan Kehidupan di Kapal Perang

warta pembaruan
10 Januari 2022 | 6:39 AM WIB Last Updated 2022-01-09T23:39:43Z


Surabaya, Wartapembaruan.co.id
-- Peserta Latihan Praktek (Lattek) Wira Jala Yudha 2022 terdiri dari Siswa Dikmata XLI gelombang 1 dan Siswa Pendidikan Pertama Perwira (Dikmapa)  Angkatan XXVIII khusus tenaga kesehatan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI AL (Kodiklatal) mendapat pelajaran tentang kehidupan dan tugas di kapal perang dari para Instruktur selama pelayaran menggunakan KRI  dr. Soeharso-990, Minggu (9/1)

Lattek berlayar selama 3 hari   di Laut Jawa, Peserta mendapat materi awal  pembekalan dari instruktur terutama tentang pengenalan tugas dan tanggung jawab setiap personel di kapal perang sesuai dengan bidang korpsnya.


Materi yang telah dilatihkan selama sehari berlayar antara lain,  tentang cara mengemudi kapal, mengeplot dan membaca peta serta peran naik turun jangkar, sementara itu Dikmapa Kesehatan mendapat materi   bantuan hidup dasar (BHD) dari siswa Dikmapakes.

Sementara itu, rencana materi yang diajarkan yakni, PUDD Khas TNI AL, pengenalan Dinas Jaga, pengenalan peralatan medis dan penanganan medis di kapal khususnya bagi siswa Dikmapa Kesehatan dan  pengenalan peran-peran dalam operasi laut seperti, persiapan kapal berlayar dan bertempur, peran muka belakang, peran parade, peran pemanduan, peran melewati medan ranjau, peran tempur bahaya umum (Gunnex), peran lego jangkar, peran heli, peran penyelamatan kapal (PEK), peran peninggalan kapal.


Jumlah peserta  yang ikut kegiatan  Wira Jala Yudha sebanyak 957 orang terdiri dari Satgas 94 orang dan  Siswa Dikmata XLI gelombang 1 terdiri Kodikopsla 300 orang, Kodikdukum 273 orang, Siswa Kodikmar  250 orang siswa dan Siswa Dikmapa  Angkatan XXVIII khusus tenaga kesehatan.

Dalam Lattek  ini,  TNI AL  mengikutsertakan sebuah helikopter HS 4211 dari Pusnerbal. Heli ini selain sebagai sarana latihan,  juga diperuntukan sebagai evakuasi medis udara apabila terjadi kedaruratan yang memerlukan pertolongan cepat menuju sarana kesehatan di darat. 


Demikian berita Dinas Penerangan Kodiklatal.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Peserta Wira Jala Yudha Kodiklat TNI AL Diajarkan Kehidupan di Kapal Perang

Trending Now

Iklan