Iklan

Infrastruktur Air Bersih Bantuan Kementerian PUPR di Penajam Paser Utara Diresmikan

warta pembaruan
07 Februari 2022 | 10:52 PM WIB Last Updated 2022-02-07T15:52:49Z


Penajam, www.wartapembaruan.co.id – Tiga proyek pembangunan penyediaan air minum di kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, yang didanai melalui anggaran Kementerian PUPR Tahun Anggaran 2021 senilai Rp 43,7 miliar diresmikan secara bersamaan di Kantor Perumda Danum Taka Unit Sepaku, Desa Tengin Baru, Kecamatan Sepaku, Senin (7/2/2021).

Peresmian dilakukan oleh Pelaksana tugas (Plt) Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Hamdam, dihadiri pejabat dari BPPW Kalimantan Timur, Ditjen Cipta Karya, Ketua DPRD Penajam paser Utara Jhon Kenedi, Dandim 0914/PPU Letkol Inf Dharmawan Setyo Nugroho, para pejabat dinas terkait, Direktur Perumda Air Minum Danum Taka Abdul Rasyid, dan Camat Sepaku Risman Abdul.

Tiga proyek pembangunan infrastruktur air minum yang diresmikan itu masing-masing utnuk peningkatan kapasitas produksi Water Treatment Plant (WTP) Sepaku dan WTP Sotek, serta pembangunan jaringan perpipaan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Sepaku.

Plt Bupati Hamdan menjelaskan bahwa nilai anggaran untuk tiga proyek pembangunan itu masing-masing sebesar Rp 27 miliar untuk pembangunan jaringan perpipaan SPAM Sepaku dan peningkatan kapasitas produksi WTP Sepaku dan WTP Sotek sebesar Rp16,7 miliar. Tiga item proyek tersebut telah selesai pada tahun 2021 dan telah diserahterimakan dari Kementerian PUPR kepada Pemkab Penajam Paser Utara.

Ia menjelaskan, dengan adanya penambahan kapasitas produksi tersebut, WTP Sepaku telah mengalami peningkatan produksi air bersih dari 15 liter/detik menjadi 30 liter/ detik. Sedangkan pembangunan jaringan perpipaan SPAM Sepaku sepanjang 17 kilometer yang terbentang dari Desa Tengin Baru ke Guest House Bupati Penajam paser Utara di Desa Bumi Harapan.

“Air bersih merupakan kebutuhan dasar masayrakat yang wajib dipenuhi oleh pemerintah. Kami berterima kasih kepada Kementerian PUPR yang telah memberikan bantuan anggaran untuk pembangunan sarana dan prasaran air bersih. Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara mengharapkan Kementerian PUPR tidak bosan-bosan untuk membantu dan mendukung kami meningkatkan pelayanan air minum kepada masyarakat,” katanya.

Menurut Plt Bupati Hamdam, dengan adanya peningkatan kapasitas produksi maka layanan air bersih kepada masyarakat akan semakin meningkat dan bertambah jumlahnya.

“Sebelumnya hanya 1.200 Sambungan Rumah yang dapat dilayani, namun sekarang bisa bertambah menjadi 2.400 SR hingga 3.000 SR,” katanya.

Kalau dikalikan rata-rata anggota keluarga setiap rumah, maka masyarakat di Kecamatan Sepaku yang terlayani air bersih sekitar 12.000 jiwa dari total penduduk Sepaku sebanyak 36.000 jiwa. Artinya, masih banyak masyarakat yang belum terlayani, dan hal ini harus diupayakan di tahun-tahun mendatang.

Ia juga meminta Perumda Air Minum Danum Taka terus melakukan upaya peningkatan layanan air bersih terhadap masyarakat dan terus berinovasi dalam mengoptimalkan layanan air bersih. (ys_soel)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Infrastruktur Air Bersih Bantuan Kementerian PUPR di Penajam Paser Utara Diresmikan

Trending Now

Iklan