Iklan

Meriahkan HUT Kabupaten Sijunjung ke 73, Dinas Dikbud Gelar Lomba Wisatathon Tingkat SD dan SMP

warta pembaruan
15 Februari 2022 | 4:32 PM WIB Last Updated 2022-02-15T09:32:39Z


SIJUNJUNG, WARTAPEMBARUAN.CO.ID - Dalam rangka memeriahkan HUT Kabupaten Sijunjung ke - 73 tahun 2022. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sijunjung menggelar lomba wisata marathon (Wisatathon) tingkat Sekolah Dasar (SD)dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) tingkat Kabupaten Sijunjung, Selasa (15/02/2022).

Lomba Wisata Marathon yang dibuka dan dilepas langsung Bupati Benny Dwifa Yuswir, S.STP. M.Si di depan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Simpang Logas Muaro Sijunjung ini ikut dihadiri Wakil Bupati H. Iraddatillah, S.Pt, Ketua DPRD, Bambang Surya Irwan, Kajari Efendri Eka Saputra, SH.MH, Wakapolres, Kompol Syahrul Chan, Ketua TP PKK, Ny. Riri Benny Dwifa, Ketua GOW, Ny. Donna Iraddatillah, dan Kepala Perangkat Daerah.

Dalam sambutannya Bupati Benny menyampaikan bahwa kegiatan wisatathon tersebut perdana dilaksanakan dalam memeriahkan HUT Kabupaten Sijunjung ke - 73. Ia berharap dilaksanakan secara berkesinambungan karena akan berdampak signifikan bagi perkembangan serta kreatifitas siswa.


"Kepada para peserta dari SD dan SMP yang mengikuti lomba agar mampu memacu diri untuk berlatih dengan keras demi tercapainya hasil yang maksimal sehingga berbuah prestasi, tidak hanya di lamba itu saja, tetapi dicabang lomba dan pertandingan lainnya," harapnya.


Kepada juri Benny juga berpesan agar melakukan penilaian dengan sebaik baiknnya, jangan sampai ada yang dirugikan karena berdampak negatif terhadap kegiatan yang akan dilaksanakan, terutama bagi peserta didik nantinya.

"Kepada anak anak berlombalah dengan penuh semangat tanpa mengabaikan sportifitas yang tinggi untuk mencapai hasil yang lebih baik atau menjadi pemuncak," ujarnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Usman Gumanti, S.Pd. MM selaku ketua pelaksana melaporkan bahwa lomba Wisatathon ini selain bentuk kegembiraan insan pendidikan dalam menyambut HUT Kabupaten Sijunjung ke 73, sehingga ulang tahun tersebut dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat termasuk anak didik. Sekaligus sebagai bentuk kesempatan dan ajang  promosi pariwisata kepada kalayak banyak melalui sekolah dan anak didik  yang nantinya diharapkan menjadi viral melalui berbagai media baik cetak maupun elektronik.


Peserta lomba wisatathon ini ujar Usman berjumlah 1400 orang terdiri dari 850 orang dari SD dan 550 orang utusan dari SMP/SLTP. Sedangkan juri pada lomba berasal dari guru guru yang tergabung dalam persatuan atletik seluruh indonesia (PASI) Kabupaten Sijunjung.


"Jalur yang dilalui adalah, bagi peserta SMP sejauh 5 km dengan star RTH Simpang logas menuju Simpang SD 13 Muaro - Depan Dinas Pertanian - Simpang Stiper - kemudian finis kembali di RTH. Sedangkang peserta SD menempuh jarak 3 KM dengan rute RTH Logas - Simpang Gor Sibinuang - Depan Polres - SMAN 1 Sijunjung - Simpang SMA - Belok kiri dan Finis kembali di RTH Simpang Logas," pungkasnya. (Andri/Zaki)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Meriahkan HUT Kabupaten Sijunjung ke 73, Dinas Dikbud Gelar Lomba Wisatathon Tingkat SD dan SMP

Trending Now

Iklan