Iklan

Parade MotoGP di Jalan Thamrin Jakarta Meriah, Marquez Aksi ‘Bornout’

warta pembaruan
16 Maret 2022 | 9:16 PM WIB Last Updated 2022-03-16T17:35:59Z


Jakarta, www.wartapembaruan.co.id  – Parade pebalap MotoGP di Jalan Merdeka Barat dan Jalan MH Thamrin berlangsung meriah, Rabu (16/3/2022). Lebih dari 2000 masyarakat Jakarta menyaksikan parade para pebalap motor dunia itu dari pinggir-pinggir Jalan Merdeka Barat hingga Jalan Thamrin, tepatnya di Hotel Kempinski (d/h Hotel Indonesia) di Bundaran Patung HI.

Sebelumnya para pebalap diterima langsug oleh Presiden Joko Widodo yang didampingi Menteri BUMN Erick Thohir di Istana Merdeka. Beberapa saat para pebalap terlihat berbincang-bincang dengan Joko Widodo, sebelum Presiden kemudian melepas para pebalap MotoGP itu untuk melakukan parade.

Marc Marquez terlihat cukup serius menyimak obrolan dengan Presiden Jokowi. Chief Sporting Officer Dorna Sports, Carlos Ezpeleta, tampak mengenalkan para pebalap satu per satu kepada Presiden Jokowi.

Setelah Presiden Joko Widodo mengibarkan bendera pelepasan, Marc Marquez tampak langsung melesat memimpin rombongan parade ke luar dari halaman Istana menuju Jalan Merdeka Barat.

Wakil Direktur Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Cahyadi Wanda mengatakan, para pebalap berparade melalui jalur MH Tamrin dan setelah itu langsung terbang ke Mandalika.
Parade itu sendiri diikuti 20 pebalap MotoGP, Moto2, dan Moto3. Beberapa motor balap yang bukan pebalap MotoGP juga tampak meramaikan parade di belakang para pebalap MotoGP.

Berikut daftar pebalap yang ikut parade MotoGP Jakarta, Marc Marquez (Repsol Honda Team), Pol Espargaró (Repsol Honda Team), Joan Mir (Team Suzuki Ecstar), Alex Rins (Team Suzuki Ecstar), Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo Team), Jack Miller (Ducati Lenovo Team), Enea Bastianini (Gresini Racing MotoGP), dan Fabio Di Giannantonio (Gresini Racing MotoGP).

Kemudian Johann Zarco (Pramac Racing), Jorge Martin (Pramac Racing), Alex Marquez (LCR Honda Castrol), Takaaki Nakagami (LCR Honda Idemitsu), Andrea Dovizioso (WithU Yamaha RNF MotoGP Team), Darryn Binder (WithU Yamaha RNF MotoGP Team), Luca Marini (Mooney VR46 Racing Team), dan Marco Bezzecchi (Mooney VR46 Racing Team).

Selanjutnya Bo Bendsneyder (Pertamina Mandalika SAG Team/Moto2), Gabriel Rodrigo (Pertamina Mandalika SAG Team/Moto2), Mario Aji (Honda Team Asia/Moto3), dan Veda Ega Pratama (Idemitsu Asia Talent Cup).


Bahkan pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, melakukan aksinya di Jalan Thamrin, yaitu melakukan aksi ‘burnout’ alias melakukan pengereman di ban depan sambil menarik gas. Hal tersebut membuat ban belakang menjadi cepat habis sekaligus menimbulkan asap putih yang tebal.


Aksi Marquez tersebut sontak mendapat sambutan hangat dari para penggemar MotoGP yang sudah memadati sisi Jalan Thamrin.

"Please no burnouts, no wheelies... 5 minutes later..," tulis Marquez sambil menempatkan emoticon ketika dia menyebarkan aksinya di akun medsosnya.

Marquez sendiri memang sudah mengetahui bahwa dalam parade itu para pebalap dilarang melakukan aksi ‘burnout’ dan ‘wheelies’ (mengangkat roda depan motor). Namun ternyata dia sendiri melakukannya, meskipun  tidak lebih dari lima menit.

Parade MotoGP di Jakarta merupakan rangkaian kegiatan jelang MotoGP Mandalika yang berlangsung pekan ini. Balapan MotoGP Mandalika 2022 menandai berakhirnya penantian panjang Indonesia jadi tuan rumah balapan grand prix. Terakhir kali Indonesia jadi tuan rumah balapan grand prix pada 1997 saat balapan berlangsung di Sirkuit Sentul. Balapan MotoGP Mandalika akan berlangsung pada 18-20 Maret 2022. (ys_soel)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Parade MotoGP di Jalan Thamrin Jakarta Meriah, Marquez Aksi ‘Bornout’

Trending Now

Iklan