News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Ribuan Warga Donorkan Darah, Sambut HUT Ke-76 TNI AU

Ribuan Warga Donorkan Darah, Sambut HUT Ke-76 TNI AU


Pekanbaru, Wartapembaruan.co.id - Ribuan warga Pekanbaru  kunjungi area donor darah yang digelar Pangkalan TNI AU Roesmin Nurjadin bersempena dalam rangka memperingati Hut ke-76 TNI Angkatan Udara, tempat di One Street Food Pekanbaru City Walk, Jalan Pemuda Kota Pekanbaru-Riau, Rabu (30/3/22).

Kegiatan Donor darah dan vaksinasi massal digelar selama 5 hari berturut-turut mulai dari tanggal 25 s.d  30 Maret 2022.

Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Andi Kustoro, S.E., dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Komandan Wing Udara 6 Lanud Roesmin Nurjadin Kolonel Pnb Bagus Haryadi Brotokusumo mengatakan,dimasa Covid-19, para pendonor telah menyumbangkan darahnya dengan ikhlas, ini merupakan suatu kehormatan dan kemuliaan, dimana kita masih diberikan kesempatan untuk memberikan manfaat kepada orang lain.

"Donor darah adalah sesuatu yang teramat penting yang benar-benar berarti bagi “nyawa”, sadar atau tidak sadar telah terjadi simbiosis mutualisme antara pendonor dengan penerima donor, setetes darah yang kita sumbangkan tidak hanya dapat memberikan kesempatan hidup bagi yang menerima, tetapi juga dapat memberikan manfaat bagi  kesehatan pendonornya itu sendiri diantaranya, dapat mengurang resiko terjadinya stroke, serangan jantung serta dapat membantu kelancaran peredaran aliran darah atau disebut dengan “sistem kardiovaskular”,ungkap Andi Kustoro.


Marsma TNI Andi Kustoro juga menjelaskan, donor darah   dapat memberikan kesehatan psikologis, yang menumbuhkan rasa senang dan keinginan untuk saling berbagi kebahagiaan, dan  membantu masyarakat yang membutuhkannya, agamapun mengatkan, sebaik-baik manusia bermanfaat bagi orang lain.


"Insyaallah diperingatan HUT ke-76 TNI Angkatan Udara tahun 2022 ini, darah yang kita sumbangkan akan dapat menjadi magnet yang luar biasa untuk melahirkan suatu pemikiran yang mulia, yang pada akhirnya membuat orang tersadar kalau hidup ini terbatas sehingga mereka termotivasi untuk menghargai hidup dan berusaha untuk mencapai tujuan mulia",ujar Andi.

Selanjutnya, Marsma TNI Andi Kustoro juga mengatakan, selain donor darah, ditempat yang sama juga diselenggarakan vaksinasi massal guna  menciptakan kekebalan tubuh agar terbebas dari Covid-19 maupun virus lainya.

"Terimakasih dan apresiasi  kepada Relawan Covid-19, PMI Pekanbaru, para petugas,  pendonor dan warga yang melaksanakan vaksinasi yang telah ikut berkontribusi membantu program pemerintah dan  di hari lahirnya TNI Angkatan Udara yang diperingati setiap  tanggal 9 April.

Turut hadir, Kadispotdirga Kolonel Tek P.Siboro, S.T., Penggagas Relawan Peduli Covid-19 Riau Toni Lim, Mewakili PMI Kota Pekanbaru Drs.H.Yusrizal,M.S.i, Camat Payung Sekaki Rahma Ningsih, Lurah Tampan Herma Yeni, Lurah Tirta Siak dan Pengurus PIA Ardhya Garini Cab.12/D.I Lanud Rsn, serta para pendonor yang berasal dari TNI, Polri, Bandara SSK II, PTPN V, PPPAU, Saka Dirgantara, SAR Kota Pekanbaru, Persatuan Setia Hati Terate Silat Pekanbaru, dan warga Kec.Marpoyan Damai, Kec. Bukit Raya dan masyarakat Kec. Payung Sekaki.

Peserta donor darah dan vaksinasi massal  juga menerima bingkisan, berupa minyak goreng dan peralatan protokol kesehatan.

Kegiatan berjalan dengan aman dan lancar.

Juntak

Tags

Newsletter Signup

Silahkan isi Email anda disini untuk mengikuti berita terbaru dari Warta Pembaruan.