Iklan

Danrem 022/PT Hadiri Upacara Hari Peringatan Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2022

warta pembaruan
01 Oktober 2022 | 4:30 PM WIB Last Updated 2022-10-01T09:30:50Z


Simalungun, Watapembaruan.co.id --  Komandan Korem (Danrem) 022/Pantai Timur Kolonel Inf Luqman Arief, S.I.P., turut serta menghadiri Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2022, kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di Lapangan Tugu Letda Sujono Kebun Bandar Betsy Kecamatan Bandar Huluan Kabupaten Simalungun, Sabtu (01/10/2022).

Pada Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tersebut yang menjadi Inspektur Upacara Pangdam I/BB, Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin, SE, MSi, untuk Perwira Upacara Kasi Pers Korem 022/Pantai Timur Letkol Caj Bengkel Barus, S.Pd serta Komandan Upacara Danyonif 122/Sombak Sakti Letkol Inf Antony Tri Wibowo.


Dalam pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tersebut yang juga memperingati kepahlawanan seorang Letda Sujono saat tragedi Bandar Betsy itu, diikuti ribuan personil TNI/Polri, Ormas Pemuda, ASN, siswa sekolah, serta ditonton ribuan warga yang memadati lokasi Tugu Kesaktian Pancasila di tengah perkebunan karet.


Pangdam I/BB, Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin, SE, MSi, dalam Amanatnya berpesan agar jangan ada lagi pengkhianatan kepada bangsa seperti kejadian masa lalu, 30 September 1965 silam. Untuk itu diimbau kepada seluruh rakyat untuk menjaga martabat kebangsaan. Pangdam l/BB juga mengingatkan masyarakat agar kejadian serupa, tidak boleh lagi lahir di Indonesia pada masa mendatang. Untuk itu seluruh rakyat harus menjaga bangsanya, tetap bermartabat, berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. “Mari kita doakan bangsa kita ke depan lebih sejahtera, sehingga tidak ada yang bisa mengganggu,” terang Pangdam.


Setelah selesai pelaksanaan Upacara kemudian dilanjutkan peletakan karangan bunga di Tugu Kesaktian Pancasila tersebut oleh rombongan Pangdam I/Bukit Barisan, dimana kisah Letda Sujono dibawakan sedemikian rupa penuh penjiwaan, sehingga menceritakan sejarah Pahlawan Nasional yang gugur mempertahankan kedaulatan NKRI saat itu, kemudian dilanjutkan Penyerahan Bingkisan dan Bantuan kepada keluarga Alm. Letda Sujono, lagu-lagu perjuangan, Marcing Band, Tarian Budaya dan selanjutnya Acara ditutup dengan penampilan Prahmen Peristiwa gugurnya Letda Sujono di Bandar Betsy.


Turut hadir dalam pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tersebut, Pangdam I/BB, Kasdam I/BB, Dan Lantamal, Danlanud, Ketua DPRD Sumut, para Asisten Kasdam l/BB, Danrem 022/PT, Danrindam l/BB, Dandim 0207/SML, Kapolres Simalungun, Ibu Pangdam I/BB, Ibu Danrem 022/PT, Walikota Pematang Siantar, Bupati Simalungun, Forkopimda Sumut dan Forkopimda Simalungun.

Untuk pasukan Upacara yang terdiri dari, TNI/POLRI, Satpol PP Kab. Simalungun, Korpri Kab. Simalungun, BPBD Kab. Simalungun,  Karang Taruna Kab. Simalungun, PP Kab. Simalungun, IPK Kab. Simalungun, SOKSI Medan, Mahasiswa Kab. Simalungun, Kwarcab Pramuka Kab. Simalungun, Pelajar SMP dan Pelajar SD.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Danrem 022/PT Hadiri Upacara Hari Peringatan Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2022

Trending Now

Iklan