Iklan

Koalisi Demokrat, PKS dan Nasdem Relatif Stabil Sampai Daftar Pilpres! Kekuatan Rata-rata Ombak

warta pembaruan
22 Oktober 2022 | 4:46 PM WIB Last Updated 2022-10-22T09:46:06Z


Jakarta, Wartapembaruan.co.id
- Wakil Kepala Balitbang Demokrat DKI Jakarta Julwanri Munthe menilai koalisi antara partainya bersama NasDem dan PKS akan relatif stabil hingga pendaftaran pilpres mendatang, bahkan menjadi poros yang kuat menarik partai lain bergabung.

Pendaftaran capres dan cawapres baru dibuka 19 Oktober 2023, waktu masih cukup panjang dan masih banyak kemungkinan maupun dinamika.

Koalisi yang kental dengan misi perubahan tersebut menurut Julwanri seperti sudah matang dipikirkan sejak awal, karena desain nya sederhana, tidak rumit namun masa pakai tidak terbatas.

"Demokrat dengan 54 kursi, PKS 50 dan NasDem 59 kursi adalah betul betul saling membutuhkan untuk melengkapi. 115 kursi minimum, ini yang istilahnya "kekuatan Rata-rata ombak" tegas Julwanri, di Jakarta, Sabtu (22/10).

"Pertama, Kita bukan ahli nuzum atau peramal, namun secara matematika politik, koalisi ini relatif kokoh dan stabil sampai diujung karena basisnya adalah kebutuhan.

Kedua, baik ketua umum Demokrat mas AHY maupun mas Anies dukungan NasDem sama sama berhak menjadi Capres karena modal nya relatif berimbang.

Berikutnya, poros koalisi ini bisa lebih menjanjikan sampai kesemua tingakatan mesin partai karena fluktuasi dan manuver bisa dihindari sejak awal atau bahkan saat situasi berat sekalipun," tambahnya.

Konstruksi tersebut belum tentu dimiliki oleh koalisi partai lain, yang mengakibatkan bentuk dan bangunan koalisinya berubah-ubah.

"Ini bisa saja akibat pondasi dan dudukannya tidak kuat bahkan timpang, tampak jelas perbedaannya dari koalisi Demokrat, PKS dan NasDem yang kedudukannya Rata-rata Ombak, yang arusnya sama kuat untuk perubahan," tutup Julwanri.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Koalisi Demokrat, PKS dan Nasdem Relatif Stabil Sampai Daftar Pilpres! Kekuatan Rata-rata Ombak

Trending Now

Iklan