Iklan

Presiden Bertolak ke Belgia Hadiri KTT Peringatan 45 Tahun ASEAN-Uni Eropa

warta pembaruan
13 Desember 2022 | 10:03 AM WIB Last Updated 2022-12-13T03:03:46Z


Jakarta, Wartapembaruan.co.id
-- Presiden Joko Widodo beserta Ibu Iriana Joko Widodo bertolak menuju Belgia untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Peringatan 45 Tahun ASEAN-Uni Eropa. Dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Kota Tangerang, Presiden dan rombongan lepas landas menggunakan pesawat Boeing 777 Garuda Indonesia-1 pada Selasa, 13 Desember 2022, sekitar pukul 09.00 WIB.

"Pagi hari ini, saya bersama Ibu Negara dan juga delegasi terbatas akan menuju Brussel di Belgia dalam rangka menghadiri KTT ASEAN-EU dalam rangka 45 tahun hubungan ASEAN dan Uni Eropa," ujar Presiden dalam keterangannya sebelum lepas landas.

Kepala Negara menyebut bahwa Uni Eropa adalah mitra dagang ASEAN ketiga terbesar setelah Republik Rakyat Tiongkok (RRT) dan Amerika Serikat. Total perdagangan ASEAN-Uni Eropa pada 2021 mencapai USD268,9 miliar.

Sementara itu, investasi asing langsung atau _foreign direct investment_ (FDI) Uni Eropa ke ASEAN mencapai USD26 miliar pada tahun 2021. Uni Eropa adalah sumber FDI terbesar kedua di ASEAN setelah RRT.

"Inilah kenapa terus kita perkuat, terus kita tingkatkan hubungan yang baik antara ASEAN dan Uni Eropa. Juga tentu saja negara kita Indonesia ingin agar perdagangan kita meningkat antara Indonesia dan EU dan juga investasi dari Uni Eropa ke Indonesia juga terus meningkat," paparnya.


Dalam lawatannya kali ini, Presiden Jokowi akan berada di Belgia kurang dari 24 jam. Setelah seluruh kegiatan di Belgia selesai, Kepala Negara akan langsung pulang ke Tanah Air.


Turut mendampingi Presiden dan Ibu Iriana dalam penerbangan menuju Brussel, Belgia yaitu Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Militer Presiden Laksda TNI Hersan, Komandan Paspampres Marsda TNI Wahyu Hidayat Sudjatmiko, dan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

Sementara itu, sejumlah menteri telah berada di Belgia yaitu Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita.

Tampak melepas keberangkatan Presiden dan rombongan yaitu Wakil Presiden Ma'ruf Amin beserta Ibu Wury Ma'ruf Amin, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, dan Pj. Gubernur Banten Al Muktabar.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Presiden Bertolak ke Belgia Hadiri KTT Peringatan 45 Tahun ASEAN-Uni Eropa

Trending Now

Iklan