Iklan

Warga Lalang Protes ke balai teknik perkeretaapian dan PT KAI Selesaikan Ganti Rugi Warga

warta pembaruan
03 Desember 2022 | 9:30 PM WIB Last Updated 2022-12-03T14:30:49Z


Batu bara, Wartapembaruan.co.id
-- Puluhan masyarakat hadang, Kereta Api yang ingin melintas dari stasiun Bandar Tinggi ke stasiun Lalang. Pasalnya penyetopan yang dilalukan masyarakat, bentuk protes nya warga yang belum belum diganti rugi oleh Balai Tekhnik perkereta apian yang ada di desa lalang. Yang terkena dampak negatif dari pembangunan jalur rel kereta api Bandar Tinggi Kuala Tanjung, yang belum menyelesaikan Permasalahan terhadap Masyarakat Desa Lalang.

Menurut keterangan dari salah satu warga, terdampak dari PT Kereta Api Indonesia (KAI) Dan Balai Tekhnik Perkereta Apian di desa Lalang. Bahwa PT KAI belum melalukan Ganti rugi kepada masyarakat ada 20 rumah yang belum dilalukan ganti rugi oleh pihak PT KAI.

"Kami selalu mendukung  dan sangat mendukung semua Program Pemerintah yang akan di laksanakan  dikampung kami, tetapi Pembangunan itu jangan membuat kehidupan Ekonomi, Kesejahteraan, Kenyamanan, Keselamatan Masyarakat menjadi tidak baik ( Terganggu) kami juga harus membelah hak kami yang belum di selesaikan oleh pihak Pihak Balai Tekhnik Perkereta Apian. Ada 20 rumah warga yang belum diselesaikan oleh Balai Tekhnik Perkereta Apian dan kami hanya memintak hak kami," Jelas Azmy warga lalang

Adapun Dampak yang di timbulkan sejak Pembangunan Jalur Rel PT. KAI dari tahun akhir 2013 hingga saat ini berdampak.

1. Membuat Ekonomi Masyarakat Hancur
2. Fisik Bangunan Masyarakat Rusak
3. Pelintasan Semakin Sulit Untuk menempuh
jl.Acces Road Inalum di sebabkan Pembangunan Rel terlampau Tinggi.

Azmi juga mengatakan," Pihak Balai Tekhnik Perkereta Apian sangat sepeleh untuk dampak Masyarakat yang terkena Imbas dari melintasnya Kereta Api Bisnis mereka. Akibat melintasnya Kereta Api ini membuat rumah memiliki risiko tinggi mengalami kerusakan dan dapat roboh bila dibiarkan. Belum lagi ada kemungkinan kereta api anjlok dan merobohkan area rumah warga akibat geteran yang kami rasakan," Jelas Azmi


Penyetopan yang dilalukan, Jum'at 02 Desember 2022. warga mendapatkan responan cepat dari pihak kepolisian Polres Batu bara, Polsek Medang deras dan Polsek Air Putih gerak cepat menggamankan warga atisipasi kerusuhan. Pihak kepolisian berhasil mediasikan warga kepada perwakilan PT Kereta Api Indonesia (KAI) agar permasalahan warga segera diselesaikan oleh pihak Balai Tekhnik Perkereta Apian.


Lanjutnya"Perjuangan kami tidak sampai disini, terimah kasih kami kepada jajaran kepolisian wilayah hukum batu bara yang ikut dalam mengamankan dengan kondusip dan bisa memediasikan warga kepada pihak PT. KAI. Kami Berharap hubungan Polisi kepada masyarakat tetap berjalan dengan baik dan Harrmonis," Tutup Azmy

Mediasi dilalukan di balai desa Lalang yang dihadiri masyarakat, perwakilan PT KAI, Balai Tekhnik Perkereta Apian,Kepala desa, Camat medang deras, Pihak kepolisian Polres Batu Bara, Polsek Medang Deras, Polsek Air Putih dan Babinsa Koramil Medang Deras. Mediasi berlarut hingga larut malam pukul. 20 : 00 WIB. Masyakat belum mendapatkan keputusun hingga di tunda sampai Jum'at. 09 Desember 2022 yang akan datang.

Dalam surat perjanjian pihak PT Kereta Api Indonesia(KAI) Balai Tekhnik Perkereta Apian. Akan melanjutkan kembali mediasi tentang tuntutan warga. Hingga tanggal dini hari sampai Jum'at. 09 Desember Kereta Api ditunda untuk beroprasi melintasi Stasiun  desa lalang, dengan kesepakatan bersama hingga permasalahan warga selesai.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Warga Lalang Protes ke balai teknik perkeretaapian dan PT KAI Selesaikan Ganti Rugi Warga

Trending Now

Iklan