Iklan

Meningkatkan Wawasan Pendidikan Politik Bagi Generasi Milenial

warta pembaruan
05 Januari 2023 | 6:41 PM WIB Last Updated 2023-01-05T11:41:29Z


OPINI, Wartapembaruan.co.id
- Pendidikan dan politik adalah dua hal yang sebenarnya tidak bisa di pisahkan dari generasi muda, pada zaman milenial ini sudah saat nya menumbuhkan jiwa pengetahuan  terhadap politik untuk generasi muda, agar rasa peduli terhadap perkembangan pemerintahan dan kenegaraan bisa terus tumbuh dan berkembang dalam diri setiap generasi muda, kemajuan dan masa depan bangsa nantinya sudah tentulah di tangan generasi muda kita saat ini.

Menurut M si rozi, dalam bukunya "politik pendidikan " mengatakan bahwa pendidikan dan politik adalah dua elemen penting dalam sistem sosial politik di setiap negara, baik negara maju, maupun negara berkembang, meskipun pendidikan dan politik berposisi, sebagai dua elemen penting dalam sistem sosial politik, namun sering di kaji sebagai kajian - kajian yang terpisah. politik dan pendidikan satu sama lain saling menunjang dan saling mengisi.

Lembaga - lembaga dan proses pendidikan berperan penting dalam membentuk perilaku politik masyarakat sehingga membawa dampak besar kepada karakteristik pendidikan di suatu negara. politik dan pendidikan memiliki hubungan erat dan dinamis dimana hubungan tersebut adalah realita empiris yang telah terjadi sejak awal perkembangan peradaban manusia dan menjadi perhatian Ilmuan.

Sedangkan menurut Daud Ali politik itu berasal dari bahasa latin Politicus atau bahasa yunani politicos yang artinya adalah sesuatu yang berhubungan dengan warga kota. Melihat dari keterkaitannya pendidikan dan politik maka sudah seharusnya buat kita semua agar membuka wawasan sebesar-besarnya seluas - luasnya agar dapat mengerti peranan sesungguhnya kekuatan sesungguhnya dari warga negara dan masyarakat untuk pemerintahan dan juga bangsa dan negaranya.

Sudah semestinya wajah - wajah politik yang di  sebarkan baik di media sosial maupun media cetak bukan lagi hanya  isu - isu dunia politik yang negatif dan bercitra buruk tapi sudah semestinya yang di keluarkan adalah figur - figur politik yang bersih yang bisa di jadikan contoh buat generasi muda di jadikan inspirasi dijadikan harapan untuk perkembangan politik di masa yang akan datang,  generasi yang cerdas dalam berpolitik tentu mereka akan bisa membawa bangsa dan nagara ini semakin maju kedepannya semakin tertata sistem pemerintahannya.

Sudahlah menjadi keharusan yang berada dan duduk di kursi - kursi politik dalam pemerintahan harusnya mereka - meraka yang memang layak dan memiliki pandangan politik yang ter asah, sehingga mereka tidak akan mudah melenceng dan tergoda akan hal- hal yang mencederai tujuan dari politik tersebut.

Pendidikan ada suatu proses perubahan kearah pengetahuan yang semakin bertambah, wawasan semakin luas dan ilmu semakin tinggi. Tentu saja masyarakat sudah lama menunggu figur - figur yang memang mampu dan layak duduk di pemerintahan mempersiapkan tokoh atau figur tersebut tentulah tidak bisa hanya dengan instan atau dengan waktu yang singkat, penggemblengan mental pemimpin harus lah negara tanam kan dari masa - masa pendidikan,  mengajarkan politik bersih adalah tugas dari semua elemen dan semua pihak, jangan jadikan politik sebagai momok yang menakutkan dan tidak menarik minat pemuda untuk berpolitik, karena itu sangat berbahaya dan  akan memberikan efek terhadap negara di masa yang akan datang, sudah saat nya kita kemas pendidikan politik secara dinamis dan epik sehingga bisa menarik dan memotivasi para penerus bangsa untuk terus menggali potensi berpolitik mereka untuk bisa peduli dan mau ikut serta dalam perkembangan politik di negaranya, karena keterkaitan tersebut lah pendidikan dan politik akan terus menjadi dua hal yang tidak dapat di pisahkan. dan dua komponen tersebut harus terus berbenah dan ber inovasi agar selalu ada perbaikan - perbaikan dari masa  ke masa.

Harapannya dalam kita menyongsong pesta demokrasi tahun 2024 kelak akan ada muncul figur politik yang mewakili dari generasi muda yang mampu memberikan aspirasi dan  bisa menjadi wakil dari generasi muda, dapat menjadi wadah sekaligus jembatan yang membuka tabir politik yang benar dan bersih. Bisa menjadi inspirasi - inspirasi buat teman- temannyaa agar mau dan terus belajar politik.

Sudah saatnya baik dari kalangan pelajar atau mahasiswa yang mulai saat ini menumbuhkan rasa peduli yang tinggi terhadap masa depan bangsa dan negara.

Penulis : Nita Femiatun (Mahasiswa Pasca Sarjana Universitas Muhammadiyah Sumatra Barat)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Meningkatkan Wawasan Pendidikan Politik Bagi Generasi Milenial

Trending Now

Iklan