Iklan

Iwan Setiawan Dorong Babakan Madang-Bogor, Sebagai Wilayah Destinasi Wisata

warta pembaruan
25 Mei 2023 | 5:19 AM WIB Last Updated 2023-05-24T22:19:44Z


Bogor, Wartapembaruan.co.id
- Plt. Bupati Bogor Iwan Setiawan didampingi Ketua TP-PKK Kabupaten Bogor Halimatusadiyah Iwan kembali melakukan kegiatan rutin Bogor Keliling (Boling) atau Saba Desa, untuk mendengar aspirasi sekaligus meninjau hasil pembangunan infrastruktur hingga ketahanan pangan yang ada di wilayah Kecamatan Babakan Madang pada Selasa (23/5/2023).

Plt. Bupati Bogor Iwan Setiawan melakukan kunjungan langsung ke tiga desa yaitu Cijayanti, Karang Tengah, dan Babakan Madang.

Diawali dengan meresmikan Puskesmas Cijayanti dilanjutkan dengan peninjauan gedung puskesmas sekaligus melakukan pemberian PIN Polio pada Sub PIN Polio Putaran II.

Plt. Bupati Bogor juga berkesempatan melihat aplikasi Pertanahan Geospasial Data Desa di Kantor Desa Cijayanti, dan dilanjutkan dengan panen cabai rawit yang merupakan program ketahanan pangan Desa Cijayanti.

Iwan Setiawan juga meninjau langsung sekaligus meresmikan hasil pembangunan infrastruktur melalui Program Satu Miliar Satu Desa (SAMISADE) di wilayah Desa Karang Tengah. Kemudian diakhiri dengan kegiatan peninjauan hasil produk pelaku UMKM dan pemberian santunan anak yatim.

Plt. Bupati Bogor Iwan Setiawan menyatakan, wilayah Kecamatan Babakan Madang memiliki destinasi wisata cukup potensial. Untuk mendorong kemajuan destinasi wisata, pihaknya berkomitmen akan mengoptimalkan pembangunan infrastruktur terutama menuju kawasan wisata wilayah tersebut.

“Kalau mau memajukan wisata, tugas pemerintah adalah dengan membangun jalan atau infrastrukturnya. Saya minta PUPR dan Disbudpar juga camat serta kepala desa untuk kolaborasi memetakan jalan-jalan akses menuju tempat wisata mana saja yang akan kita bangun pada 2024 mendatang,” kata Iwan Setiawan.

Menurut Iwan, selain melakukan peninjauan langsung hasil pembangunan infrastruktur di wilayah Kecamatan Babakan Madang, juga ingin melakukan evaluasi serta mengkaji hasil pembangunan di wilayah ini. “Saya kesini ingin mengevaluasi juga mengkaji. Kalau memang daerah Babakan Madang ada destinasi wisata jalannya belum baik, saya minta dari PUPR untuk segera menindaklanjutinya,” ujar Iwan.

Sebagai wilayah dengan potensi wisata yang cukup kuat, Iwan Setiawan juga akan mengoptimalkan program Bogor Sehat untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Kecamatan Babakan Madang guna mendorong terwujudnya Kabupaten Bogor Bebas Stunting.

Iwan mengapresiasi pada kades yang sudah dipercaya untuk mengelola bantuan keuangan Satu Miliar Satu Desa (SAMISADE) dengan baik dan mengoptimalkan anggaran Rp1 miliar untuk pembangunan infrastruktur dengan optimal dan sukses.

“Mudah mudahan para kades setuju 2024 kami luncurkan kembali, karena respon masyarakat dan manfaat dari program ini sangat bagus, makanya 2024 Samisade masih tetap akan kami gulirkan kembali. Baik untuk perbaikan infrastruktur juga untuk optimalisasi program ketahanan pangan,” ujar Iwan.

Sementara, Camat Babakan Madang, R Maknum Nawawi mengatakan, terimakasih kepada Plt. Bupati Bogor Iwan Setiawan, kehadirannya sangat memotivasi jajaran Pemerintah Kecamatan Babakan Madang juga masyarakat untuk lebih maksimal dalam memajukan pembangunan wilayah.

Terlebih wilayah Kecamatan Babakan Madang ini termasuk dalam kawasan zona pemukiman, perumahan, industri juga zona wisata alam dan wisata buatan. Ada sembilan wisata alam seperti curug, termasuk 87 cafe dan restoran.

“Alhamdulilah kunjungan wisatawan setiap akhir pekan cukup tinggi, terlebih adanya program Samisade program luar biasa dan satu-satunya program yang ada di Indonesia. Dimulai tahun 2021, program Samisade telah dilaksanakan di wilayah Kecamatan Babakan Madang sejak tahun 2021 dengan total pembangunan Samisade di 20 titik, kemudian tahun 2022 sebanyak 24 titik, dan tahun ini sebanyak 21 titik. Alhamdulillah sangat membantu warga kami dan manfaatnya sangat besar, karena beberapa daerah yang terisolir sekarang bisa ditempuh oleh Samisade,” pungkas Maknum Nawawi. (rdp/Azwar)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Iwan Setiawan Dorong Babakan Madang-Bogor, Sebagai Wilayah Destinasi Wisata

Trending Now

Iklan