Iklan

Legislator Edy Wuryanto Dorong Pemerintah Buka-Bukaan Soal Bandar TPPO

warta pembaruan
08 Juni 2023 | 2:47 PM WIB Last Updated 2023-06-08T07:47:02Z


Jakarta, Wartapembaruan.co.id
- Dalam satu tahun ada 1900 mayat warga negara Indonesia (WNI) yang pulang ke Tanah Air karena Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO).

Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) pada saat rapat kerja dengan Komisi IX DPR RI, Kamis (7/6), mengungkapkan, pihaknya telah mengantongi lima bandar besar TPPO.

Mendengar pernyataan ini, legislator Anggota Komisi IX DPR RI Edy Wuryanto meminta agar lima nama ini diumumkan kepada publik. 

“Laporan ada 1900 orang yang pulang ke Indonesia dalam kondisi meninggal membuat prihatin semua pihak,” pinta Edy, Politisi PDI-Perjuangan ini.

Menurut Edy, masalah ini menjadi pembahasan serius antara Komisi IX DPR RI dengan Kepala BP2MI. Penyebab dan penanganan yang dilakukan untuk mengatasi masalah ini terus digali. 

“Apalagi ada lima orang berpengaruh yang terlibat dalam TPPO ini,” ujar Edy, legislator dari Dapil Jawa Tengah III ini mengapresiasi BP2MI yang sudah melakukan investigasi.

Edy pun telah mendengar Polri juga sudah turut bekerja dalam mengungkap kasus ini. 

“Menurut saya lima orang berpengaruh ini harus disampaikan kepada publik,” desak Edy.

Apalagi, lanjut Edy, ada bukti yang meyakinkan. "Satgas TPPO, maupun Kepolisian tidak perlu takut untuk mengungkap nama kepada khalayak. Tidak ada aksi backing-backing-an,” imbuhnya.

Edy berpendapat jika ini diungkap maka akan jadi pelajaran serius. Bisa juga menjadi awal yang baik untuk mengenolkan kasus TPPO di Indonesia. Sehingga pekerja migran Indonesia (PMI) dan keluarganya bisa lebih tenang. “Ini menyangkut kredibilitas negara. Kalau tidak diungkap kepada publik, apa yang diungkap BP2MI hanya menjadi isu,” tutur Edy.

Terkait keluhan, kecilnya anggaran BP2MI juga mendapatkan perhatian Edy. Dalam rapat kemarin, BP2MI mengusulkan peningkatan anggaran. Alasannya agar dapat bekerja sesuai dengan targetnya.

“Saya setuju dengan kenaikan anggaran ini. Coverage BP2MI begitu luas dan melibatkan koordinasi dengan PMI di berbagai negara,” pungkas Edy, seraya berharap dengan kenaikan anggaran ini dapat mendukung kinerja BP2MI dalam melindungi PMI dan memberantas TPPO. (Azwar)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Legislator Edy Wuryanto Dorong Pemerintah Buka-Bukaan Soal Bandar TPPO

Trending Now

Iklan