Iklan

Timnas Sepak Bola Indonesia Dikalahkan Taiwan 1-0

warta pembaruan
21 September 2023 | 6:02 PM WIB Last Updated 2023-09-21T11:02:08Z


Jakarta, www.wartapembaruan.co.id
- Tim Nasional Sepak Bola Asian Games Indonesia dikalahkan Taiwan 1-0 pada pertandingan penyisihan Grup F di University East Stadium, Jinhua, China, Kamis (21/9/2023), dan peluang untuk lolos ke bebak 16 besar menipis, karena di laga terakhir Indonesia akan menghadapi tim kuat Korea Utara. 

Gawang Garuda Indonesia kebobolan oleh tendangan Chin Wen Yan dari dalam kotak penalti pada menit ke-47 memanfaatkan kemelut yang terjadi di depan gawang akibat kesalahan pemain belakang Indonesia yang sepertinya menganggap serangan Taiwan tidak berbahaya. Kiper Adi Satrio gagal membendung bola yang menmbus gawangnya.

Permainan Indonesia saat menghadapi Taiwan tampak tidak berjalan dengan baik, sehingga ritme permainan cenderung tersendat-sendat. Pelatih Indra Sjafri sepertinya juga agak kurang yakin dengan komposisi yang dipasang. Misalnya pada menit-menit awal babak pertama, duet di jantung pertahanan diisi Rizky Ridho-Rahmat Irianto, sedangkan Alfeandra Dewangga menjadi double pivot dengan Ananda Raehan. 

Namun pada pertengahan babak pertama, ketika lini tengah seperti kurang kreativitas, Indra Sjafri menarik Dewangga ke belakang untuk berduet dengan Rizky Ridho, sedangkan Irianto mengisi pos gelandang bertahan. Tampak juga permainan Bagas Kaffa di kanan dan kapten Rizky Ridho bermain di bawah form, sangat mungkin karena kelelahan karena dalam dua bulan terakhir terus menerus bertanding, sehingga beberapa kali melakukan pelanggaran yang tidak perlu. 

Beberapa peluang tercipta di babak pertama, baik untuk Indonesaia maupun Taiwan. Tembakan Dewangga di awal babak pertama langsung menuju ke gawang Taiwan, tetapi kiper Chiu Yu Han mampu mengamankan bola. Taiwan balik menyerang dan menghasilkan peluang pada menit ke-12. Striker Taiwan, Lin Wei Chien, memiliki peluang besar untuk mencetak gol, namun Adi Satrio berhasil mengamankan bola.

Egy Maulana Vikri pada menit ke-19 berhasil memperoleh ruang, sayangnya tendangannya melambung. Tendangan keras Bagas Kaffa juga gagal menaklukkan kiper Taiwan. Sebaliknya, gawang Indonesia nyaris kebobolan pada menit ke-32 yang bermula dari tendangan bebas Taiwan, tetapi Adi Satryo masih berhasil mengamankan bola. Skor 0-0 menutup pertandingan babak pertama.

Pada babak kedua, Indonesia memasukkan tiga pemain sekaligus, yaitu Robi Darwis menggantikan Bagas Kaffa, Hugo Samir menggantikan Titan Agung, dan Muhammad Taufani menggantikan Ananda Raefan. Pergantian tersebut membuat ritme permainan Indonesia lebih agresif, dan bola mengalir dengan baik. 

Sayangnya, melalui skema serangan balik, Taiwan berhasil mencetak gol kemenangan. Bermula ketika Rizky Ridho gagal mengontrol bola di kotak penalti, dan bola liar dikuasai Lin Wei Chien, yang kemudian mengoper ke Chin Wen Yan yang tak terjaga. Tanpa ampun, Chin Wen menendng bola ke gawang, gol. Taiwan unggul 1-0.

Selepas itu, Indonesia terus menerus mengancam Taiwan, sayangnya, kepercayaan diri pemain Taiwan semakin besar, dan mereka berkali-kali berhasil mementahkan serangan dari para pemain Indonesia. Kreativitas Egy Maulana Vikri dan Sjahrian Abimanyu selalu gagal menembus rapatnya pertahanan Taiwan. Bahkan ketika seorang pemain Taiwan dikeluarkan di injury time, Indonesia tidak pernah berhasil menembus pertahanan Taiwan.

Dengan kekalahan itu, Indonesia tetap berada di peringkat dua Grup F dengan nilai tiga, diikuti Taiwan di peringkat tiga dengan nilai sama. Sedangkan Korea Utara tetap di peringkat pertama, dan saat ini tengah bertanding dengan Kirgistan.

Susunan pemain

Indonesia: 1-Muhammad Adi Satryo; 2-Bagas Kaffa (14-Robi Darwis 46'), 5-Rizky Ridho, 19-Alfeandra Dewangga, 16-Haykal Al Hafiz (12-Dony Tri Pamungkas 61'); 6-Ananda Raehan (15-Taufany Muslihuddin 46'), 13-Rachmat Irianto, 17-Syahrian Abimanyu, 18-Titan Agung (21-Hugo Samir 46'); 10-Egy Maulana Vikri, 11-Ramai Melvan Rumakiek.

Taiwan: 1-Chiu Yu Hang; 5-Wang Yi You, 6-Liang Meng Hsin, 19-Fang Li Peng; 3-Tu Shao Chieh, 8-Wu Yen Shu, 11-Yu Yao Hsing, 12-Wen Chin Hao, 16-Chin Wen Yan; 9-Lin Wei Chien (7-Lin Ming-Wei 60'), 17-Chen Po Liang. (ys_soel)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Timnas Sepak Bola Indonesia Dikalahkan Taiwan 1-0

Trending Now

Iklan