News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Pengamat Ketenagakerjaan: Enam Calon Internal BPJAMSOSTEK Layak Dipilih

Pengamat Ketenagakerjaan: Enam Calon Internal BPJAMSOSTEK Layak Dipilih





Jakarta, Wartapembaruan.co.id - Menteri Sekretaris Negara sudah mengumumkan nama-nama calon Dewan Direksi dan Dewan Pengawas Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJamsostek) dan BPJS Kesehatan.

Menurut Pengamat Ketenagakerjan yang juga Koordinator Advokasi BPJS Watch, Timboel Siregar, untuk calon Direksi BPJamsostek, Pansel tidak meloloskan semua incumbent Direksi yang mendaftar kembali jadi Direksi ke istana. Sementara di BPJS kesehatan hanya ada satu direksi yang diloloskan Pansel ke istana.

"Dari 14 calon Direksi BPJamsosyek, Pansel meloloskan enam orang calon yang merupakan orang internal BPJamsostek, yang menurut saya sudah khatam mengerti sistem di BPJamsostek, dan mengetahui juga persoalan yang dihadapi BPJamsostek selama ini. Enam orang tersebut merupakan pegawai BPJamsostek yang handal dan pegawai yang berprestasi," tutur Timboel Siregar, kepada Wartapembaruan.co.id di Jakarta, Minggu (10/1/2021).

Timboel juga menghormati semua keputusan Pansel. "Tentunya Pansel sudah mempertimbangkan banyak hal sebelum memutuskan nama-nama yang dikirim ke Presiden, kata Timboel.

Bila Direksi periode 2016 - 2021 diisi oleh enam orang dari luar BPJamsostek dan hanya satu orang dari internal, Timboel berharap direksi periode 2021 - 2026 bisa dijabat oleh enam orang yang berasal dari internal BPJamsostek dan satu orang dari luar BPJamsostek.

"Harapan ini merupakan pengulangan komposisi Direksi periode Pak Elvin sebagai Dirut BPJamsostek yang terdiri dari 6 orang direksi dari internal dan 1 dari luar," terang Timboel.

"Ini sekadar harapan kepada Bapak Presiden yang memiliki otoritas penuh untuk memilih dan menetapkan Direksi BPJamsostek ke depan," tambah Timboel.

Timboel juga meminta Presiden dalam pemilihan dan penetapan Direksi kedua BPJS ini didasarkan pada pertimbangan integritas, pengalaman dan pengetahuan, jejaring, serta kemampuan mencari solusi dari calon, bukan pertimbangan yang didominasi kepentingan politik.

Sebelumnya, Ketua Umum Serikat Pekerja (SP) BPJamsostek, Tri Candra Kartika menegaskan siap mendukung penuh Dewan Pengawas (Dewas) dan Direksi BPJamsostek yang baru.
Tri juga memberikan apresiasi kepada panitia seleksi calon Direksi dan Dewan Pengawas BPJamsostek yang bekerja sistematis dan transparan sehingga siap menyambut manajemen baru.

“Kami mendukung penuh keputusan Presiden dalam memilih dan menetapkan Dewas dan Direksi BPJS Ketenagakerjaan. Kami meyakini calon yang akan dipilih memiliki integritas dan pengalaman dalam pengelolaan jaminan sosial, sehingga dapat menyelaraskan visi misi institusi dengan program pemerintah guna mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian berlandaskan gotong royong,” kata Candra dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi, Minggu (10/1/2021) di Jakarta.

Adapun daftar nama calon Direksi BPJS Ketenagakerjaan:


1. Anggoro Eko Cahyo

2. Eko Nurgriyanto

3. Abdul Bari

4. Achmad Hafiz

5. Pepen Supendi Almas

6. Abdur Rahman Irsyadi

7. Imam Syafi'i Toha

8. Edwin Michael Ridwan

9. Zainudin

10. Joko Santosa

11. Pramudya Iriawan Buntoro

12. Roswita Nilakurnia

13. Halim Gunawan

14. Asep Rahmat Swandha



Untuk daftar nama calon anggota Dewas BPJamsostek Mewakili unsur Pemerintah:


1. Muhammad Iswandi Hari

2. Muhammad Zuhri

3. Kushari Supriyanto

4. Firmansyah N. Nazaroedin


Mewakili unsur pekerja:

1. Soeharjono

2. Yayat Syariful Hidayat

3. Elias Hamonangan

4. Agung Nugroho


Mewakili unsur pemberi kerja:

1. Subchan Gatot

2. Sumarjono Saragih

3. Muhamad Aditya Warman

4. Agus Dwiyanto


Mewakili unsur tokoh masyarakat:

1. Yanuar Rizky Nuh

2. Muhammad Iman Nuril Hidayat Budi Pinuji (Azwar).

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar