Iklan

Terkait Laporan AKP DK, Jeffry Penuhi Panggilan Penyidik Krimsus Poldasu

warta pembaruan
18 Januari 2021 | 7:43 PM WIB Last Updated 2021-01-18T12:43:13Z

Medan, Wartapembaruan.co.id -- Setelah sempat menjadi headline di berbagai media cetak, online maupun televisi terkait kasus dugaan pemerasan Rp.200.000.000 yang dilakukan oknum perwira polisi berinisial AKP DK  yang pernah menjabat sebagai Waka Polsek Helvetia kini berbuntut panjang.

Tak hanya saling lapor, bahkan berujung pembebas tugasan oknum tersebut  dari jabatannya menjadi Pama ( perwira menengah ) Polrestabes Medan.

Bahkan atas viralnya kasus yang menjadi perhatian masyarakat luas ini, Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol Martuani Sormin Siregar mengambil langkah cepat dengan menerbitkan surat perintah Pertanggal 6/1/2021 dengan nomor Sprint/41/1/1/Was.2.1/2021/Bid Propam.

Tak mau kalah, AKP DK bersama kuasa hukumnya  Joko Pranata Situmeang SH, MH juga melaporkan Jefry Suprayogi ke Polda Sumut dengan tuduhan pencernaan nama baik sesuai surat laporan nomor : STTLP/2738/XII/2020/Sumut/SPKT”III, terkait peristiwa UU nomor 19 tahun 2016  tentang perubahan atas undang-undang nomor 11 tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik pasal 27 ayat 3. Atas laporan inilah Jeffry Suprayudi bersama kuasa hukumnya Roni Panggabean dan Jhon Sipayung, Senin ( 18/1/2021) pukul 11, 00 WIB memenuhi panggilan penyidik Direktorat reserse Kriminal khusus Polada Sumut.

Usai menjalani pemeriksaan, Roni Panggabean, didepan gedung Krimsus Polda Sumut langsung memberikan keterangan persnya.

"Sebagai warga negara yang baik dan taat hukum hari ini klien kami Jeffry Suprayudi memenuhi panggilan penyidik atas laporan AKP DK terkait dugaan pencernaan nama baik. Sejak kasus ini kami laporkan ke Propam Mabes Polri, maupun di Propam Polda hingga sekarang di Krimsus, kami telah menyampaikan fakta hukum, bukti terkait kasus ini," ujar Roni Panngabean.

Diuraikannya, untuk kasus yang dilaporkan oknum Polisi tersebut, pihaknya telah menyampaikan surat keberatan yang ditujukan kepada Kapolda Sumatera Utara dan ditembuskan ke berbagai pihak termasuk pada penyidik di Krimsus maupun ke Mabes Polri.

Adapun 5 poin keberatannya yaitu
1. Keberatan dan menolak laporan pencemaran nama baik yang dituduhkan kepada kliennya.

2. Perlu kami tegaskan : Bahwa apa yg disampaikan kepada klien kami adalah peristiwa dan fakta hukum di Propam Polda. Silahkan dipertanyakan ke Divisi Propam.

3. Bahwa hari selasa 12/01/2021 kami telah melanjutkan upaya hukum kami ke Krimum Poldasu, dan laporan ini ada melalui nota dinas Propam Polda dan surat perintah kapoldasu untuk audit investigasi.

4. Ini adalah preseden buruk bagi krimsus yg menindaklanjuti laporan tanpa ada penelaahan, bukti dan fakta hukum.
Dan saya sangat prihatin bagi warga sumut, jika warga yg sudah menjadi korban melaporkan musibah yang dialami namun malah dituduh pencemaran nama baik.

5. Kalau sperti ini tutup aja media didunia, tidak usah ada pers dan ganti aja undang-undangnya.
Kabid Humas Polda Sumatera Utara, Kombes Pol Hadi Wahyudi saat dikonfirmasi diruang kerjanya (18/01/2021) pukul 16:00 WIB membenarkan pemanggilan Jeffry di Penyidik Krimsus.

"Ya benar, hari ini saudara Jeffry dipanggil penyidik untuk klarifikasi, hasilnya nanti kita kabari. Untuk oknum perwira yang sebenarnya menjabat Waka Polsek Helvetia sudah dibebas tugaskan menjadi Pama Polrestabes Medan dalam rangka pemeriksaan," kata Hadi mengakhiri.(red).
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Terkait Laporan AKP DK, Jeffry Penuhi Panggilan Penyidik Krimsus Poldasu

Trending Now

Iklan