Iklan

Pangdam I/BB Pimpin Upacara Gelar Ops Gaktib dan Yustisi TA 2021

warta pembaruan
25 Februari 2021 | 2:41 PM WIB Last Updated 2021-02-25T07:41:20Z
Medan, Wartapembaruan.co.id—Pangdam I/BB Mayjen TNI Hassanudin S.I.P, M.M, pimpin upacara gelar operasi Gaktib dan Yustisi TA.2021 di Lapangan Makodam I/BB Jl. Gatot Subroto Km 7,5 Medan, Kamis (25/02/2021)

Mengawali amanat Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto,S.I.P. yang dibacakan Pangdam I/BB Mayjen TNI Hassanudin S.I.P, M.M, mengatakan bahwa Operasi Gaktib dan Yustisi tahun ini mengambil tema “Dengan Operasi Gaktib dan Yustisi Tahun Anggaran 2021, Polisi Militer Siap Meningkatkan Penegakan dan Ketaatan Hukum Dalam Mendukung Pendisiplinan Protokol Kesehatan Covid-19 serta Menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa Demi Keutuhan NKRI”.

Tema yang diusung sangat relevan dengan upaya kita saat ini dalam penanganan pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional, program prioritas yang menjadi fokus Pemerintah tersebut hanya dapat dicapai melalui partisipasi aktif seluruh komponen masyarakat untuk disiplin menegakkan protokol kesehatan.

Operasi Penegakkan Ketertiban dan Yustisi bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme Polisi Militer TNI dan subjek hukum melalui pendekatan persuasif edukatif, hal ini dikarenakan esensi dari pelaksanaan operasi adalah untuk memperkuat upaya pencegahan dan penyelesaian pelanggaran hukum bagi Prajurit dan PNS TNI.

Di tengah pandemi saat ini, partisipasi aktif prajurit dan PNS TNI dalam penegakkan disiplin protokol kesehatan sangat penting, dalam kehidupan sosial kemasyarakatan Prajurit dan PNS TNI diharapkan dapat menjadi role model atau teladan bagi masyarakat umum, dengan demikian Operasi Gaktib dan Yustisi yang diselenggarakan tahun ini akan memperkuat kepatuhan dan ketaatan Prajurit dan PNS TNI dalam melaksanakan disiplin protokol kesehatan.

Sebelum menegakkan disiplin, maka seluruh satuan dan personel Polisi Militer TNI harus terlebih dahulu menguasai tugas dan tanggung jawabnya serta menunjukkan disiplin yang tinggi, petugas yang profesional adalah petugas yang tegas, tidak ragu-ragu, namun tidak bersikap arogan dengan masyarakat yang semakin kompleks, tentunya dibutuhkan inovasi dan adaptasi dalam menghadapi kompleksitas tantangan.

Bahwa sesungguhnya sasaran akhir dari operasi ini adalah tercapainya budaya disiplin dan ketaatan pada aturan di lingkungan TNI yang terus meningkat, dengan demikian dibutuhkan koordinasi, komunikasi, kerja sama dengan berbagai pihak.

Jadilah contoh dalam ketaatan terhadap hukum serta penerapkan disiplin protokol kesehatan di rumah, lingkungan kerja dan ksatrian serta saat berada di ruang publik,tingkatkan profesionalisme, perkuat sinergi dengan Polri dan komponen bangsa lainnya,serta perkokoh kemanunggalan dengan rakyat,untuk membantu Pemerintah dalam mengendalikan pandemi Covid-19 dan memulihkan perekonomian nasional.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Kasdam I/BB, Danlantamal I Belawan, PJU Kodam I/BB, PJU Kosek Hanudnas III Medan, PJU Lantamal I/Belawan,PJU Poldasu, Danpomdam I/BB dan Dandim 0201/BS, Dandim 0203/LKT, Dandim 0204/DS serta para Danyon BS. (Novian)

Sumber: Pendam I/BB
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pangdam I/BB Pimpin Upacara Gelar Ops Gaktib dan Yustisi TA 2021

Trending Now

Iklan