Iklan

Dukung Target Pengurangan Sampah, Lentera Anak Dorong Sekolah jadi Agent of Change Penanganan Sampah

warta pembaruan
31 Maret 2021 | 10:19 AM WIB Last Updated 2021-03-31T03:19:56Z


Jakarta, Wartapembaruan.co.id
- Hanya dalam jangka waktu 4 bulan, sebanyak 50 Guru dari 25 sekolah di Kabupaten Toba, Sumatera Utara, berhasil mempengaruhi 3.000 pihak lainnya untuk membuat perubahan terkait penanganan sampah yang terintegrasi. Hal ini diharapkan bisa menginspirasi para guru dan sekolah lainnya di Indonesia untuk bersama-sama menjadi penggerak penanganan sampah di lingkungan masyarakat.

Kegiatan penanganan sampah yang terintegrasi ini adalah bagian dari Program Gerakan Indonesia Bersih yang dikoordinir Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves), untuk mencapai target sampah kelola 100% pada 2025, dengan pengurangan 30% dan penanganan sampah 70%. Di tahun tersebut juga ditetapkan target masyarakat memilah sampah mencapai 50% untuk semua jenis sampah plastik. Sehingga, pemilahan sampah di sektor hulu berperan penting dalam upaya mendaur ulang sampah dengan prinsip 3R yakni reduce, reuse serta recycle.

Di Toba, Gerakan Indonesia Bersih yang melibatkan 25 sekolah berlangsung selama periode Desember 2020 - Maret 2021. Kegiatan ini bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Toba, atas dukungan PTT Exploration and Production (PTTEP) dan bermitra dengan Lentera Anak, untuk mendukung Toba sebagai daerah wisata super prioritas.

Program yang dikembangkan adalah penanganan sampah yang mengintegrasikan pendidikan (peningkatan kapasitas), sirkular ekonomi masyarakat sebagai bagian dari perubahan perilaku masyarakat, melalui pengembangan dan pemusnahan residu sampah sebagai langkah paling akhir di hilirnya.


Lisda Sundari, Ketua Lentera Anak, melalui siaran pers yang diterima Wartapembaruan.co.id menjelaskan, pelibatan 25 sekolah di Toba dalam upaya mengedukasi perilaku penanganan sampah sejak usia dini. “Karena mengubah pola pikir dan perilaku generasi muda dalam penanganan sampah melalui pembiasaan di sekolah itu sangat penting. Apalagi komposisi generasi milennial dan generasi yang lebih muda mencapai lebih dari 41% dari total populasi di Indonesia. Kami percaya edukasi dan pelibatan kaum muda akan berkontribusi signifikan dalam upaya mengurangi sampah secara nasional,” jelas Lisda.

Tantangan persoalan sampah di Indonesia memang sangat besar. Menurut data Kementerian LHK, dalam setahun jumlah timbulan sampah sekitar 67,8 juta ton, dan akan terus bertambah seiring pertumbuhan jumlah penduduk. Program penanganan sampah menjadi sangat penting mengingat berbagai dampak kerugian menimpa masyarakat seperti menurunnya kualitas lingkungan meliputi kualitas udara, kualitas air dan kualitas tanah.


Lentera Anak sendiri berperan sebagai fasilitator pelatihan guru yang berlangsung 2 hari di bulan Desember 2020. Para guru dilatih mempraktikkan penggunaan buku panduan “Sampahku Tanggung Jawabku” dengan pendekatan kreatif, didukung berbagai media belajar yang ramah anak, seperti ilustrasi visual yang menarik, video, lagu, poster berwarna, dan berbagai permainan interaktif.

Setelah pelatihan, para guru langsung menerapkan aksi nyata dan berpartisipasi dalam penanganan sampah di Kabupaten Toba dengan berbagai metode dan media pembelajaran. Untuk mendukung kegiatan pemilahan sampah juga didistribusikan masing-masing 2 set tempat sampah terpilah ke-25 sekolah di Kabupaten Toba. Serta didukung Dinas Pendidikan Kabupaten Toba, para guru berhasil menggerakkan 3.000 pihak di lingkungan sekolah dan masyarakat sekitar untuk aktif menangani sampah secara baik dan  terintegrasi.

Rofi Alhanif, S.Pi, M.Sc, Asisten Deputi Pengelolaan Sampah dan Limbah Kemenko Marves mengapresiasi Gerakan Indonesia Bersih di Toba. “Kegiatan yang sudah dilaksanakan di Toba ini terintegrasi dan terpadu, dan menurut saya ini sangat penting. Karena perilaku penanganan sampah memang harus dimulai dari sedini mungkin, agar anak-anak dapat menjadi agent of change,” kata Rofi, seraya berharap ke depan Bank Sampah dapat segera terintegrasi dengan sekolah supaya penanganan sampah menjadi lebih maksimal.


Sementara itu Afiat Djajanegara, mewakili PTTEP Indonesia, berharap Gerakan Indonesia Bersih di Toba dapat membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya lingkungan yang bersih dan nyaman. masyarakat yang sadar akan pentingnya lingkungan yang bersih dan nyaman. “Jumlah keterlibatan 3.000 pihak dari 50 Guru ini sangat luar biasa. Kami sangat berharap  kerjasama dari pihak swasta untuk mendukung program pemerintah bisa terus berlanjut,” tegas Afiat.

Mengingat hasil yang baik ini, Lentera Anak sepakat bahwa  program penanganan sampah di sekolah terus berlanjut, dan menyebar ke semua sekolah di seluruh Indonesia.

“Bila semakin banyak para guru dan murid menjadi agent of change penanganan sampah di lingkungan masing-masing di seluruh Indonesia, kami optimis target Indonesia untuk mencapai target sampah kelola 100% pada 2025, dengan pengurangan 30% dan penanganan sampah 70% dapat tercapai,” pungkas Lisda. (Azwar)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dukung Target Pengurangan Sampah, Lentera Anak Dorong Sekolah jadi Agent of Change Penanganan Sampah

Trending Now

Iklan