Iklan

Korem 042/Gapu Terima Sosialisasi Perubahan Garjas dari Jasdam II/Swj

warta pembaruan
23 Maret 2021 | 2:22 PM WIB Last Updated 2021-03-23T17:18:53Z
Jambi , Wartapembaruan.co.id - Jasmani Kodam II/Swj (Jasdam) memberikan sosialiasi perubahan materi dan penilaian Kesegaran Jasmani (Garjas) kepada Prajurit Korem 042/Gapu bertempat di lapangan Tri Lomba Juang Kota Jambi, Selasa (23/03/2021).

Jasdam II/Swj sebagai pembina fungsi jasmani tingkat Kodam dalam sosialisasi ini juga sekaligus mengumpulkan sampel kekuatan Garjas Prajurit.

Menurut Kasi Olahraga Mayor Inf Nasib,  pengambilan sampel seperti lari 12 menit di masa pandemi saat ini, titik start dibagi menjadi 5 titik dimana tiap titik terdiri dari 5 orang, begitu juga dengan pelaksanaan Full Ups, Push Ups, Sit Ups, Lunges, dan Shuttle Run.

Mayor Nasib mengungkapkan, upaya yang dilakukan untuk memperbaharui materi Garjas bertujuan untuk membina kemampuan prajurit sesuai kategori umur dan dalam rangka pembinaan satuan.

“Dengan penyempurnaan tes kesegaran jasmani ini, dapat diketahui sejauh mana tingkat kesegaran jasmani prajurit sesuai dengan kategori.", ujarnya.

Norma Penialan Garjas yang baru akan segera diberlakukan kepada setiap Prajurit TNI AD untuk mengikuti Seleksi Pendidikan (Seldik), Usul Kenaikan Pangkat (UKP), Uji Kompetensi Jabatan dan tes jasmani periodik setiap enam sekali, tandasnya.

Ditempat yang sama, Kepala Jasdam II/Swj Kolonel Kav Edward Francis menyampaikan bahwa untuk menyesuaikan dengan aturan yang baru maka, Prajurit perlu diberikan sosialisasi dan pelatihan tentang perubahan tersebut.

“Ada perubahan aturan penilaian Garjas A maupun Garjas B yang perlu disampaikan kepada seluruh Prajurit. Untuk Garjas A, materi lari sejauh 3.200 meter, sekarang menjadi lari selama 12 menit. Sedangkan Garjas B berubah menjadi Pull Ups, Push Ups, Sit Ups, Lunges dan Shuttle Run, ujar Kolonel Edward.

Hadir pada kegiatan ini Danrem 042/Gapu, Kajasdam II/Swj, Kasiter Kasrem selaku plh Kasi Ops, Mayor Inf Nasib, Kajasrem 042/Gapu dan team kesehatan dari Denkesyah 02.04.02 Jambi serta personil jasrem 042/Gapu.

Authentikasi : Mayor Inf RM Hatta ( Meks Jhon )
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Korem 042/Gapu Terima Sosialisasi Perubahan Garjas dari Jasdam II/Swj

Trending Now

Iklan