Iklan

Pangdam I/BB Beri Pembekalan kepada Taruna Peserta Latsitardanus XLI Tahun 2021 Sumut

warta pembaruan
12 Maret 2021 | 11:14 PM WIB Last Updated 2021-03-12T16:14:21Z


Magelang, Wartapembaruan.co.id
-- Panglima Komando Daerah Militer I Bukit Barisan (Pangdam I/BB) Mayjen TNI Hassanudin SIP, MM, memberikan pembekalan kepada Taruna Akademi Militer yang akan melaksanakan Latihan Integrasi Taruna Wreda Nusantara (Latsitardanus) XLI Tahun 2021 Sumatera Utara di Akademi Militer, Magelang, Jumat (12/3/2021).

Mayjen TNI Hassanudin mengatakan, tujuan pembekalan yang diberikan kepada para Taruna agar mendapat gambaran dan pemahaman jelas tentang kondisi Geografi, Demografi dan Kondisi sosial  di wilayah Sumatera Utara serta pemberdayaan yang dilakukan Kodam I/BB dalam mewujudkan pertahanan Negara yang kuat.


Oleh karena itu, Mayjen TNI Hassanudin berharap kepada perserta Latsitardanus XLI agar dapat menyesuaikan diri dengan kondisi wilayah pelatihan, sehingga mendapat gambaran yang luas tentang Provinsi Sumatera Utara (Sumut) baik secara geografi, demografi hingga kondisi sosial masyarakatnya yang heterogen.


Secara Geografi, sebut Mayjen Hassanudin, Provinsi Sumut terletak di antara dua lautan, yakni Samudera Hindia dan Selat Malaka, sering pula disebut dengan Pantai Timur dan Pantai Barat. Itulah sebabnya, salah satu Korem di Siantar dinamakan Korem 022/Pantai Timur. “Tentu ini merupakan suatu keuntungan besar dan sekaligus  tantangan jika terjadi ancaman dari Timur dan Barat,” ucapnya.

Sumatera Utara adalah provinsi yang kondisi sosial masyarakatnya sangat heterogen. Di sini terdapat banyak suku, agama dan bahasa, tetapi masyarakatnya hidup berdampingan dengan harmonis. Sumatera Utara juga termasuk salah satu daerah yang memiliki toleransi cukup tinggi, baik itu antar suku maupun pemeluk agama yang berbeda-beda.


“Kesemuanya itu, sudah tentu merupakan satu kekuatan yang harus dijaga dan dipertahankan terus menerus sebagai modal dasar dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan NKRI”, tegas Mayjen Hassanudin.

Diakhir arahannya, Mayjen Hassanudin, berharap pembekalan dan pemaparan singkat ini, bisa bermanfaat bagi para Taruna yang mengikuti Latihan Integrasi Taruna Wreda Nusantara (Latsitardanus) XLI Tahun 2021 tentang wilayah Provinsi Sumatera Utara. “Semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan lancar serta sesuai yang diharapkan," pungkasnya.(AVID/r)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pangdam I/BB Beri Pembekalan kepada Taruna Peserta Latsitardanus XLI Tahun 2021 Sumut

Trending Now

Iklan