Iklan

Kemenparekraf Dan Komisi X DPR RI Komitmen Perkuat Industri Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif

warta pembaruan
15 Juni 2021 | 4:13 PM WIB Last Updated 2021-06-15T14:35:50Z
JAKARTA, WARTAPEMBARUAN.CO.ID - Kementerian Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif Komisi X DPR RI komitmen perkuat pariwisata dan ekonomi kreatif untuk membantu pemulihan ekonomi nasioal dari dampak pandemi covid-19.

Hal itu di sampaikan  oleh Direktur Manajemen Industry Kemenfarekaf RI dalam acara pembukaan sosialisasi deasboard inparekraf dan bimbingan teknis peningkatan kapasitas usaha pariwisata dan ekonomi kreatif di hotel Merlynn Park Jakatra, Selasa (15/06/2021).

Menurutnya peningkatan industri pariwisata dan ekonomi kreatif saat ini sangat berperan penting dalam rangka pemulihan ekonomi nasional, hal ini juga yang mendorong Ke menparekraf dan Komisi X DPR RI untuk melaksanakan kegiatan ini.

"Kegitatan ini merupakan salah satu bentuk kolaborasi dengan DPR RI dan dinas pariwisata Jakarta Pusat, Hal ini merupakan bentuk kepedulian kemenparekraf dan juga Komisi X DPR RI. Untuk kita bersama sama meningkatkan industry pariwisata dan Ekonomi Kreatif," kata Anggara Hayun Anujuprana dalam sambutanya.

Ia juga menjelaskan Kegiatan tersebut bertujuan untuk mensosialisakan deasboard inparekraf yang berfungsi untuk mendata para pelaku usaha pariwisata dan ekonomi di seluruh Indonesia.

"Dengan adanya data di aplikasi Deasboard tersebut menjadi dasar kami dalam mengembangkan industry pariwisata dan ekonomi kreatif, baik memberikan bantuan, insentif peningkatan ekonomi kreatif maupun membuat pelatihan - pelatihan untuk meningkatkan sumber daya manusia," jelasnya.

Ia juga menjelaskan dengan adanya data yang jelas sangat membantu dalam mengembangan industri pariwisata dan ekonomi kreatif di era saat ini.

"Terlebih saat ini di era 4.0 telah terjadi loncatan teknologi yang luar biasa di dunia. Oleh karena itu para pelaku Usaha juga harus mampu menyesuaikan diri dengan teknologi untuk melakukan pemasaran dan mengembangkan usaha apalagi di saat pandemi seperti ini," ujarnya

Senada dengan itu Anggota komisi X DPR RI Hj. Himmatul Aliyah S.Sos M.S.i yang membuka secara resmi acara tersebut mengatakan pihaknya saat ini juga fokus kepada pengembangan ekonomi kreatif dan industry pariwisata .

"Bagaimana kita selaku Angota DPR turut mendengar aspirasi masyarakat untuk terus meningkatkan usahanya terutama hari ini kita fokus nya di bidang ekonomi kreatif dan industry pariwisata dan dengan di fasilitasi oleh pemeritah sehingga untuk meningkatkan ekonomi kreatif kita, dilaksanakan lah program seperti ini," jelasnya.

Lanjutnya lagi, Komisi X DPR RI juga telah membuat panitia kerja (Panja) penguatan pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Banyak point-point yang kita sampaikan kepada pemerintah dan alhamdulilah direspon baik, salah satunya ialah kita meminta kepada pemerintah agar di kuatkan lagi data pelaku industry pariwisata dan ekonomi kreatif," katanya.

Ia juga meminta kepada para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif jangan segan-segan untuk berkomunikasi demi peningkatan usaha dan pariwisata. 

"Banyak bantuan modal usaha di pemerintah, untuk bapak Ibu juga jangan segan-segan manfaatkan saya selaku Wakil Rakyat, cari informasi - Informasi ke rumah aspirasi kami, supaya kita bisa saling membantu," pungkasnya.

Pewarta : Anto
Editor : Fauzaki
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kemenparekraf Dan Komisi X DPR RI Komitmen Perkuat Industri Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif

Trending Now

Iklan