Iklan

Sukri Umar, “Sang Wartawan” Itu Bagala Dt Pado Basa

warta pembaruan
12 Juni 2021 | 9:25 AM WIB Last Updated 2021-06-12T09:19:00Z
LUBUK ALUNG, Wartapembaruan.co.id — Sukri Umar”Sang Wartawan ” Itu Bagala Dt Pado Basa, Jika tak ada aral melintang.Minggu(13/6) menjadi puncak rangkaian acara adat malewakan gala Dt Pado Basa suku Jambak kenagarian Lubuk Alung kepada Sukri Umar.

Acara prosesi batagak gala tersebut di laksanakan di Korong Gantiang Nagari Lubuk Alung tak jauh dari stadion utama Sumatera Barat.

Ketua KAN Lubuk Alung Eri Dt Batuah menjelaskan,secara kelembagaan malewakan gala Dt Pado Basa sudah di legalisasi melalui rekomendasi KAN serta pemberitahuan pengangkatan penghulu beserta perangkatnya pada pihak terkait,termasuk laporan kepolisian.

Surat tersebut secara syah di keluarkan sesuai tatanan di kerapatan yakni melalui sidang dengan perangkat yang akan di lewakan.KAN telah mengeluarkan surat No 018 Tahun 2021.

Atas nama kerapatan adat kami mengucapkan selamat memangku amanah sebagai penghulu dan akan di lewakan di labuah nan rami.Kami Ninik Mamak berharap dengan di lewakan gala”Kok Putiak Manjadi Buah”agar Sukri Umar Dt Pado Basa menambah kebaikan bagi Niniak Mamak yg ada saat ini ujar Eri Dt Batuah kepada Media ini.

Pucuak Adat Suku Jambak,Hari Subrata Dt Rangkayo Basa lebih jauh menjelaskan gelat Dt Pado Basa di amanahkan oleh kaum “Karih Sabilah Payuang Sakaki” Dt Pado Basa kepada Sukri Umar sebelum Suharman Dt Pado Basa meninggal Empat Tahun Lalu.

Almarhum pernah menjabat Ketua KAN.Meninggal Januari 2017.Namun kesepakatan kaum,gala tersebut sempat diparambunkan,dan kini alhamdulillah akan segera di lewakan di labuah nan rami.

Sebelumnya sesuai warih nan bajawek di laksanakan atau sumbek labu sebagai kabsahan secara kaum dan niniak mamak dalam suku plus singok bagisie akhir 2020 lalu,ujar Dt Rangkayo Basa.

Sebagai seorang jurnalis yg sudah Puluhan Tahun Mengabdi di Padang Ekspres Sukri yg juga sekretaris PWI Sumbar sudah melalui sejumlah jabatan strategis sebagai pimpinan media Padang Ekpres Group.Baik redaksi maupun usaha.Pernah menjabat GM Posmetro Padang.Menjabat GM Posmetro Padang dan Wakil GM Padang Ekpres serta Lima Tahun di amanahkan sebagai direktur.

“Banyak bajalan banyak di liek,Lamo iduik banyak diraso.Mudah2an banyak atau sedikit pengalaman yg ada bermanfaat dalam mengemban amanah kaum.

Apalagi dalam kondisi saat ini.Perlu penguatan elemen elemen yg ada.baik niniak mamak.alim ulama.cadiak pandai untuk berkolaborasi bahu membahu dengan pengambil kebijakan.

Peran niniak mamak itu masih sangat strategis di Minang.Ti ggal bagaimana memerankan dan me jalankanya dengan baik kata sukri umar yg juga di percaya sebagai anggota dewan Pendidikan Sumbar ini.

Menurut wartawan yg master kebijakan publik ini.Lubuk Alung secara kenagarian menjadi wilayah strategis dalam pembangunan.Padang Pariaman bahkan Sumatera Barat.

Selain adanya stadion utama akses jalan lingkar dan tol serta perencanaan kawasan food estate,wilayah bagian timurnya sangat sangat potensial untuk wisata alam dan budaya.

Kekompakan dan peran niniak mamak sangatlah penting tak terlepas dari Anak di pangku,Kamanakan di bimbiang, tengggang nagari ndak di lupokan,tenggang sarato jo adaiknyo.

Inti dari tugas niniak mamak mengamankan keluarga.membimbing sanak kemanakan dan memberikan peran dalam masyarakat dalam balutan adat basandi syarak, syarak basandi Kitabulllah selebihnya adalah pernak pernikny kata sukri lagi.

Mangawuik indak sakali kameh Pangana Indak Sakali Tumbuah.Kami mohon maaf kalau ado dunsanak dan sahabat yg belum sampai atau belum di sampaikan undangan.

Mohon Melalui Media ini kami ulas dengan kerendahan hati untuk menghadiri dan memberi doa atas batagak gala kami ini.

Wartawan Senior Yenni Laura Yg Juga Pimpinan redaksi media online Sumbartoday serta Dewan Pakar Media Online Shootlinenews.com sangat mendukung sekali Sukri Umar di Lewakan Sebagai Dt Warih Suku Jambak.

Saya sangat mengenal sosok Sukri Umar dia wartawan yg sangat ulet.gigih.pintar.pantang menyerah.saya mengenalnya sejak Tahunan 2000.

waktu itu beliau masih sangat muda dan baru belajar menjadi jurnalis dan di tugaskan diPadang Pariaman.Sukri Umar Sosok yg tidak sombong dan baik.Dalam usia nya msh muda karirny melejit dan Sekarang di percaya suku kaumnya untuk menjadi Dt dari Suku Jambak Lubuk Alung.Semoga Amanah Mengemban Tugas..Sukses selalu Yenni Laura Mengakhiri.(*)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Sukri Umar, “Sang Wartawan” Itu Bagala Dt Pado Basa

Trending Now

Iklan