Iklan

DPR: Pasien Covid-19 Harus Peroleh Perawatan Memadai

warta pembaruan
07 Juli 2021 | 9:31 PM WIB Last Updated 2021-07-09T07:50:11Z
Jakarta, Wartapembaruan.co.id – Pemerintah diminta melakukan langkah nyata pada masa darurat Covid-19 ini, bahkan diminta melakukan terobosan-terobosan untuk memastikan masyarakat yang terpapar virus Corona memperoleh perawatan memadai.

“Yang dibutuhkan saat ini adalah rumah sakit darurat atau rumah sakit lapangan. Saat ini penderita yang bergejala sedang dan berat sudah tidak tahu mau ke mana lagi karena seluruh rumah sakit penuh,” kata Ketua DPR RI Puan Maharani dalam pernyataan tertulis, Rabu (7/7/2021).

Menurutnya, dalam situasi darurat seperti saat ini, dapat dipertimbangkan menambah kapasitas rumah sakit dengan cara mengaktifkan Kapal Rumah Sakit TNI Angkatan Laut atau KRI DR Suharso dan kapal-kapal Pelni yang dapat dimodifikasi menjadi kapal rumah sakit.

|“Bangun rumah sakit-rumah sakit lapangan, bangunan-bangunan yang bisa dialihfungsikan. Tapi jangan bussiness as usual, kita harus bertindak dalam ritme kerja kedaruratan,” katanya.

Ia juga menyinggung mengenai beredarnya berita-berita yang kurang benar terkait Covid-19 dan isu telah terjadinya kepanikan di masyarakat. Ia meminta pemerintah segera melakukan langkah-langkah nyata untuk mengatasinya.

“Berdasarkan monitoring dan pengawasan, penanganan pandemi Covid-19 di hulu memiliki sejumlah catatan yang perlu segera diperbaiki dan diantisipasi. Yakni ketersediaan ruang perawatan pasien, ketersediaan oksigen dan obat-obatan, tenaga dan alat kesehatan, pelaksanaan PPKM Darurat, penegakan aturan yang tegas, terukur, tanpa pandang bulu,” katanya.

Ia juga meminta pemerintah untuk memperkuat komunikasi publik dan sosialisasi sehingga masyarakat paham akan bahaya virus Corona dan penanganannya.

“Harus ada terobosan untuk solusinya, mobilisasi tabung oksigen dari seluruh Indonesia di luar Jawa dan Bali. Menambah kapasitas rawat dengat menggunakan kapal, hanggar, dan bangunan lainnya,” kata Puan Maharani.

Di sisi lain Puan mengapresiasi semua pihak yang bekerja sama menyukseskan PPKM Darurat demi menekan penyebaran Covid-19. "Terima kasih kepada seluruh tenaga kesehatan, TNI-Polri, masyarakat dan semua pemangku kepentingan yang sudah bekerja keras dan turut membantu keberhasilan pelaksanaan PPKM Darurat," pungkas Puan. (ys_soel)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • DPR: Pasien Covid-19 Harus Peroleh Perawatan Memadai

Trending Now

Iklan