Iklan

Desa Percontohan, Tim GNRM Unimal Serah Terima Bank Sampah Dengan Salah Satu Desa Aceh Utara

warta pembaruan
24 Oktober 2021 | 11:06 AM WIB Last Updated 2021-10-24T04:06:02Z
Aceh Utara, Wartapembaruan.co.id -  Berkat kerjasama dengan kementerian Koordinator pembangunan manusia dan kebudayaan Republik Indonesia (Kemenko PMK RI) dan forum rektor Indonesia (FRI), Tim gerakan nasional revolusi mental (GNRM) Universitas Malikussaleh dirikan bank sampah dan telah diserahkan pada desa Ceubrek Pirak,  kecamatan Matangkuli,  Aceh Utara, Jum'at (22/10/2021) lalu. Penyerahan ke desa tersebut, dikarenakan  desa Ceubrek Pirak, dipilih karena merupakan daerah rawan banjir.  

Selain program lingkungan,  tim GNRM Unimal juga mengusung program kesehatan,  salah satunya dengan mengadakan pelatihan bantuan hidup dasar pada pemuda gampong setempat.

"Kegiatan ini sendiri saling bersinergi dari hulu ke hilir untuk meningkatkan resiliensi masyarakat terhadap banjir," kata dr T Ilhami Surya Akbar, selaku panitia pelaksana, seperti yang diterima awak media, Sabtu (23/10).


 Ilham menjelaskan, keberlangsungan kegiatan ini dilaksanakan selama 3 bulan, Agustus-Oktober 2021. Program bank sampah  yang diusung Unimal, melalui tim gerakan nasional revolusi mental (GNRM) mengangkat tema tentang 'tagline Indonesia bersih'. Dalam kegiatan ini, 'melibatkan kurang lebih 100 orang mahasiswa dalam program KKN atau konversi nilai Kampus Merdeka,"cetus Ilham.


 Lanjut Ilham, Bank Sampah yg diinisiasi Unimal ini mengangkat keunggulan dengan sistem reward plus yang mendorong masyarakat untuk melakukan pemilahan sampah. 

"Program bank sampah ini terlihat sangat sukses dimana selama bank sampah dibuka terkumpul 2 ton sampah an-organik yang diberikan masyarakat ke tim bank sampah GNRM Unimal,"jelasnya

Serah terima bank sampah ini, langsung di terima oleh geuchik Desa Ceubrek Pirak, Kab. Aceh Utara.  Serah terima bank sampah ini juga dilanjutkan dengan penandatanganan MoU antara Unimal dengan desa Jipbrek yang dilakukan antara PIC GNRM dan Geuchik Bpk Hulaimi, SP.

Ilham juga berharap, Program penanggulangan sampah ini digadang, akan menjadi proyek percontohan pengolahan sampah bagi daerah sekitarnya. 

"Keberhasilan program ini diharapkan mampu menstimulus daerah lain untuk mulai mengelola sampahnya secara ekonomis,"tandas dr Ilham selaku PIC kegiatan. (AR)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Desa Percontohan, Tim GNRM Unimal Serah Terima Bank Sampah Dengan Salah Satu Desa Aceh Utara

Trending Now

Iklan