Iklan

Korem 022/PT Laksanakan Upacara Hari Pahlawan Tahun 2021

warta pembaruan
10 November 2021 | 11:55 AM WIB Last Updated 2021-11-10T04:56:49Z


P.siantar, Wartapembaruan.co.id
- Untuk mengenang dan menghormati jasa para pahlawan kita, setiap tanggal 10 November Korem 022/Pantai Timur  melaksanakan upacara dalam rangka memperingati Hari Pahlawan yang dilaksanakan di Halaman Makorem 022/PT Jalan Asahan Km 3,5 Kecamatan Siantar Kab.Simalungun. Rabu ( 10/11/2021).

Sambutan Menteri Sosial yang dibacakan oleh Danrem 022/PT Kolonel Inf Parlindungan Hutagalung S.A.P  menyampaikan bahwa Negeri ini mengalami penjajahan yang panjang dan menyakitkan. Berkali-kali pemberontakan lokal dikobarkan terhadap penjajahan dalam kurun waktu 350 tahun, namun selalu mengalami kegagalan. Ratusan tahun kita terpecah-pecah karena politik devide et impera atau politik adu domba.


Para pendiri bangsa ini menyadarinya dengan membangun identitas bahwa kita semuanya bersaudara, sebangsa dan setanah air. Inilah pelajaran berharga.  Lidi kuat akan sulit dipatahkan jika dalam kesatuan.

Kita sadar bahwa kita berbeda-beda, tetapi jangan sampai terpecah-pecah oleh perbedaan (suku, agama, Ras, dan antar golongan), karena akan membuat mundur jauh ke era sebelum Sumpah Pemuda 1928.

Kita harus terus menggelorakan semangat gotong royong serta persatuan dan kesatuan Indonesia.  Perbedaan justru semakin memperkaya dan memperkuat kita bangsa Indonesia. Seraya mengembangkan toleransi terhadap perbedaan yang ada, dengan berdasar semboyan Bhinneka Tunggal Ika, berbeda-beda namun tetap satu jua.


Kita harus lebih maju dari tahun sebelumnya. Kita akan buktikan pada dunia, kalau bersama kita bisa mewujudkan cita-cita para Pahlawan. Karena kita bukan bangsa lemah, yang menerima kemerdekaan sebagai hadiah para penjajah, secara bersama kita mengalahkan dan mengusir balatentara terkuat dunia. 

Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya yang kita peringati sebagai hari Pahlawan ini harus kita contoh, dengan satu tekad, gigih berjuang dan pantang menyerah tanpa mengenal perbedaan apapun, serta tidak pernah peduli akan keterbatasan atau halangan.

Para Pahlawan kita dengan gagah berani memilih melawan bombardir dari kapal perang dan pesawat tempur serta tank dan senjata canggih lainnya, walaupun terkadang hanya dengan bambu runcing dan keyakinan yang tinggi untuk  mempertahankan  kemerdekaan, yang  berbalut  semboyan  Merdeka  atau  Mati.

Jiwa  persatuan  yang  tidak menanyakan  asal-usul   dan semangat  pantang  menyerah  inilah yang  harus  kita  resapi dan lestarikan sebagai bangsa dalam   menghadapi   tantangan dan ancaman  apapun.  Kita  adalah  anak dan cucu kandung para Pahlawan Bangsa.

Semangat, tekad, dan keyakinan Pahlawan,  harusnya  dapat  menginspirasi dan menggerakkan  kita semua untuk mengemban misi bersejarah     "mengalahkan" musuh bersama yang sesungguhnya, yaitu kemiskinan dan  kebodohan  dalam  arti yang  luas. Hal  ini sejalan dengan tema Hari Pahlawan 2021 "Pahlawanku lnspirasiku".


Kita mempunyai potensi besar dalam memenangkan   perang   melawan  kemiskinan dan kebodohan.  Karena Indonesia mempunyai sumberdaya alam yang melimpah dan letak geografis  yang  strategis. Tantangan  terbesar yang dihadapi yakni dibutuhkannya kerja keras secara berkelanjutan dengan didukung inovasi dan daya    kreativitas yang tinggi serta semangat kewirausahaan    yang     pantang menyerah.


Dalam 20 tahun mendatang (2020-2040) kita  akan  memasuki  "bonus  demografi",  yaitu periode dimana   angka dependency ratio mencapai angka minimal.  Dalam  periode ini, akan   terdapat   lebih   banyak   tenaga kerja produktif yang bermanfaat untuk memenangkan   perang   melawan   kemiskinan dan kebodohan.

Namun di sisi lain,  juga terdapat kecenderungan       berkurangnya lapangan pekerjaan yang harus kita  antisipasi dengan cerdas dan seksama. Kenyataan ini, harus  kita hadapi  dengan   semangat  wirausaha  yang sesungguhnya.  Kita  pa…

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Korem 022/PT Laksanakan Upacara Hari Pahlawan Tahun 2021

Trending Now

Iklan