Iklan

Menteri PUPR Adakan Pertemuan Bilateral Dengan Menteri Lingkungan Korsel

warta pembaruan
05 November 2021 | 4:53 PM WIB Last Updated 2021-11-05T09:53:01Z
Jakarta, www.wartapembaruan.co.id – Dalam kunjungan kerja ke Glasgow, Skotlandia, untuk mengikuti Conference of the Parties (COP) ke-26, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Lingkungan Korea Selatan, Han Jeoung-ae, Kamis WIB waktu setempat (4/11/2021). 

Menteri Basuki menyampaikan apresiasinya atas kerja sama di bidang infrastruktur yang telah terjalin antara kedua negara, sekaligus melanjutkan pembicaraan terkait persiapan penyelenggaraan The 2nd Asia International Water Week (AIWW) di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, yang semula akan digelar pada November 2021 ditunda menjadi Maret 2022.

"Saya menyampaikan apresiasi kepada Kementerian Lingkungan Korea Selatan atas dukungannya untuk memperkuat kerja sama infrastruktur, termasuk ahli bendungan yang sangat membantu. Kerja sama lain adalah terkait pengembangan infrastruktur berbasis teknologi informasi dan komunikasi, khususnya teknologi Advanced Hydrologic Measurement dan Pilot Project Smart Water Management Denpasar," kata Menteri Basuki. 

Ia mengharapkan dengan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), akan membantu pengumpulan data hidrologi dan informasi air secara terkini untuk mewujudkan pengelolaan air yang berkelanjutan dan efisien. Menurutnya, saat ini dua kerja sama di bidang pemanfaataan TIK tersebut sedang dalam tahap persiapan untuk pelaksanaan. 
Menteri PUPR juga mengemukakan rencananya untuk mengunjungi Korea Selatan akhir tahun 2021 ini untuk melihat beberapa proyek smart city, di antaranya Smart Village di Eco Delta City, Songdo City dan Sejong City. 

"Saya tertarik untuk mempelajari bagaimana kota-kota baru itu dibangun dari awal, bagaimana konsep kota pintar dapat diimplementasikan," katanya. 

Dikemukakan juga bahwa Kementerian PUPR ingin banyak mempelajari pengalaman Korea Selatan dalam perencanaan pembangunan kota sehubungan dengan rencana pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur. 

"Saat ini Rancangan UU IKN sudah disampaikan Pemerintah ke DPR untuk dibahas lebih lanjut dan mendapatkan persetujuan," katanya.

Selain itu, Kementerian PUPR juga merencanakan untuk pengembangan pemanfaatan bendungan sebagai sumber energi terbarukan, seperti halnya pemanfaatan tenaga hydro dan pemasangan panel surya di bendungan untuk menghasilkan energi listrik. (ys_soel)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Menteri PUPR Adakan Pertemuan Bilateral Dengan Menteri Lingkungan Korsel

Trending Now

Iklan