News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Menteri PUPR Bakalan Kunjungi Kabupaten Sintang Pada Hari Kamis Besok

Menteri PUPR Bakalan Kunjungi Kabupaten Sintang Pada Hari Kamis Besok

 


JAKARTA , Wartapembaruan.co.id --  Informasi kembali diterima oleh media ini pada hari Rabu pagi (17/11/2021), terkait kedatangan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Ir. Mochamad Basoeki Hadimoeljono, M.Sc, Ph.D akan meninjau musibah banjir yang terjadi di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat pada hari Kamis besok (18/11/2021).

Sebelum kunjungan Presiden Jokowi yang diagendakan akan segera datang ke Kabupaten Sintang, Menteri PUPR mengungkapkan akan terlebih dahulu bertolak ke Sintang pada agenda yang disebutkan pada hari Kamis besok (17/11/2021).

Dalam kunjungannya ke Sintang Basoeki ingin meninjau langsung keadaan dampak banjir yang melanda Kabupaten Sintang. Ini sebagai upaya mengatur jadwal kehadiran Presiden Jokowi. 

"Saya baru akan ke Sintang pada hari Kamis besok (18/11/2021) karena hari ini Rabu (17/11/2021) saya ada agenda sidang Kabinet Paripurna sehingga saya ke Sintang pada hari Kamis besok," ungkapnya kepada para wartawan.

Menurut Basoeki penyebab terjadinya banjir di Sintang, yaitu terkait alih fungsi hutan tangkapan hujan (catchment area) menjadi perkebunan. Dugaan tersebut dibuatnya usai mendapat laporan dari Lasarus yang merupakan Anggota Komisi V DPR RI dari Kalimantan Barat.

"Bayangkan Sungai Kapuas panjang 1.100 kilometer dengan total catchment area yang sudah berubah fungsi," tutur Basoeki.

Menteri PUPR juga menambahkan, penyebab banjir yang terjadi yaitu akibat cuaca ekstrim yang terjadi saat ini hingga mengakibatkan sungai kapuas meluap

"Kita segera lakukan penanaman kembali area yang sudah berubah fungsi dan juga memberhentikan izin perkebunan dari pihak perusahaan yang dampaknya sangat berpengaruh terhadap lingkungan," tutup Basoeki.()Bostang)

Tags

Newsletter Signup

Silahkan isi Email anda disini untuk mengikuti berita terbaru dari Warta Pembaruan.