News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Peringatan Hari Pahlawan di KBRI Bandar Seri Begawan

Peringatan Hari Pahlawan di KBRI Bandar Seri Begawan

Brunei Darussalam, Wartapembaruan.co.id -- Pada Rabu, 10 November 2021, KBRI Bandar Seri Begawan melaksanakan serangkaian kegiatan peringatan Hari Pahlawan Tahun 2021. 

Dimulai dengan upcara peringatan yang dilaksanakan secara virtual pada pagi hari. Bertindak sebagai Pembina upacara adalah Kuasa Usaha Ad-Interim (KUAI), Irwan Iding, dan Pemimpin Upacara Mayor Caj. Tinton Kurniawan, Asisten Atase Pertahanan KBRI Bandar Seri Begawan. 
Upacara diikuti oleh seluruh staf KBRI Bandar Seri Begawan, Dharma Wanita Persatuan (DWP), dan perwakilan dari komunitas – komunitas masyarakat Indonesia yang berada di Brunei Darussalam.

Pada upacara tersebut, dibacakan pesan-pesan perjuangan pahlawan nasional seperti dari Ki Hajar
Dewantara (Pahlawan Pendidikan), Dokter Cipto Mangunkusumo (Pahlawan Kesehatan), Tjut Nyak Dien (Pahlawan Kemerdekaan Asal Aceh), dan R.A Kartini (Pahlawan Perjuangan
Emansipasi Wanita). 
Pembacaan pesan tersebut untuk menumbuhkan kembali semangat
perjuangan membangun bangsa dan meresapi nilai - nilai yang diajarkan untuk diterapkan dalamkehidupan sehari-hari.

“Saat ini kondisi sudah sangat berbeda jika dibandingkan dengan situasi para pahlawan dahulu.

Walaupun demikian konteksnya akan tetap sama, bahwa, perjuangan tidak akan pernah berhenti dalam upaya mensejahterahkan bangsa Indonesia.” ujar KUAI Irwan Iding. 
Meskipun dilangsungkan secara virtual, upacara tetap terasa khidmat dan juga berjalan tertib serta lancar
Rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan Webinar “Memaknai Semangat Hari Pahlawan Bagi Generasi Muda dan Peran Sertanya Dalam Ketahanan Nasional”. 

Hadir sebagai narasumber adalah Evi Nurvidya Arifin PhD (Dosen Indonesia di Universiti of Brunei Darussalam) dan Dr Sisi Susilawati, SE, MM, MA, MHan (Alumni Lemhanas). Bertindak sebagai Panelis adalah M.Iqbal (Ketua Umum Perhimpunan Pelajar Indonesia Brunei Darussalam / PPI BD) dan Sentara Harita (Wakil Ketua Komunitas Universitas Terbuka Brunei Darussalam), serta sebagai Moderator adalah Mukhidin Umar (Presiden Persatuan Masyarakat Indonesia di Brunei Darussalam / PERMAI).

Kegiatan diikuti kurang lebih 100 peserta yang berasal dari Indonesia dan Brunei Darussalam, melalui zoom dan FB KBRI Bandar Seri Begawan.

Dalam sambutanya, KUAI menyampaikan bahwa Pemuda Indonesia berperan penting dalam
mendukung ketahanan bangsa, ketahanan nasional sebagai prasyarat tercapainya tujuan pembangunan nasional. 
Saat ini, ketahanan nasional Indonesia sedang diuji oleh pandemi COVID19.
“Inilah ancaman nyata terhadap ketahanan nasional dan para pemuda saat ini tengah berjuang untuk membangun bangsa di tengah pandemi.” ujar Irwan Iding.

Peringatan Hari Pahlawan di tengah pandemi menjadi momentum untuk menunjukkan diri sebagai penggerak di lingkup sosial, menunjukkan kepedulian yang memberikan nilai kebermanfaatan dan solutif. 

Generasi muda harus peduli pada lingkungan sekitarnya. Hal itu sejalan dengan tema peringatan Hari Pahlawan tahun 2021, yaitu Pahlawanku, Inspirasiku.

Tanggal 10 November ditetapkan sebagai Hari Pahlawan pada tahun 1959 oleh Presiden Pertama
Indonesia, Ir. Sokearno. Pemilihan tanggal tersebut merupakan sebagai bentuk penghormatan peristiwa bersejarah perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia yaitu Pertempuran Surabaya 10 November 1945 dan juga untuk mengenang jasa para pahlawan.

Tags

Newsletter Signup

Silahkan isi Email anda disini untuk mengikuti berita terbaru dari Warta Pembaruan.