Iklan

Antisipasi Omicron, Ratusan Personil Polda Jateng Jalani Tes Swab

warta pembaruan
24 Januari 2022 | 4:28 PM WIB Last Updated 2022-01-24T09:28:38Z


Semarang, Wartapembaruan.co.id
- Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokkes) Polda Jawa Tengah melakukan tes Swab bagi ratusan personil Polda Jawa Tengah. Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Kabid Dokkes Kombes Pol Sumy Hastry Purwanti tersebut digelar di sekitar loby Mapolda Jateng setelah apel pagi. Senin, (24/01/2022). 

Saat diwawancarai, dr. Hastry menyampaikan bahwa tes swab terhadap personil tersebut dilakukan sebagai deteksi dini guna mengantisipasi penyebaran virus Covid-19 terutama varian Omicron di lingkup Polda Jawa Tengah. 

"Hal ini (tes swab) dilakukan hanya sebagai langkah antisipasi, tidak ada yang perlu ditakuti. Sejauh ini sudah sekitar 200an personil (hasil swab) tidak ada yang positif," ujarnya. 

Disebutkan juga bahwa apabila didapati anggota dengan hasil positif, maka penanganan yang dilakukan juga melihat kondisi dari yang bersangkutan. 

"Bila ditemukan (anggota yang positif) kita pantau kesehatannya, kalau gejalanya ringan bisa melakukan isoman di rumah dengan kamar tersendiri dan taat prokes.Tapi bila ada gejala atau punya komorbid maka penanganan diarahkan ke RS Bhayangkara," jelasnya. 

Kabid Dokkes juga menghimbau kepada seluruh personil Polri serta masyarakat di Jawa Tengah untuk tidak lengah dan mewaspadai masuknya varian Omicron di Jawa Tengah.

"Kuncinya sederhana, masyarakat termasuk anggota Polri selalu taat prokes dan menjaga kesehatan," ungkapnya.

Terkait kegiatan pencegahan Omicron di lingkungan anggota Polri, Kapolda Jateng melalui Kabidhumas Kombes Pol M Iqbal Alqudusy mengatakan kondisi kebugaran anggota dipantau setiap saat.

Pemberian vaksin booster ke seluruh anggota Polda Jateng juga tengah berjalan.


"Penekanan Kapolda, anggota dalam bekerja di tengah masyarakat harus dalam kondisi sehat. Sebelum masyarakat sehat, anggota yang bertugas harus sehat terlebih dulu," jelasnya.

Untuk itu, kegiatan olah raga dan  berjemur di pagi hari rutin dilakukan seluruh anggota Polda Jateng termasuk dalam penerapan prokes.

"Untuk menanggulangi penyebaran varian baru Omicron, Polda Jateng juga konsisten untuk aktif melakukan pencegahan baik di internal Polri maupun di tengah masyarakat," terangnya.

Kabidhumas berharap masyarakat bersama Polri dan stakeholder terkait dapat bahu membahu memberantas penyebaran covid di Jawa Tengah.

"Kegiatan tracking dan tracing serta vaksinasi terus kita kebut. Masyarakat kami harap juga kooperatif dengan tetap menjaga prokes dan segera melaporkan diri ke petugas apabila terpapar atau pernah kontak dengan orang yang terpapar covid, 19," tutupnya.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Antisipasi Omicron, Ratusan Personil Polda Jateng Jalani Tes Swab

Trending Now

Iklan