Iklan

Kemnaker Dukung Pemda Lombok Tengah Siapkan Tenaga Kerja Kompeten di Mandalika

warta pembaruan
27 Januari 2022 | 12:25 PM WIB Last Updated 2022-01-27T05:25:30Z


Jakarta, Wartapembaruan.co.id
- Kementerian Ketenagakerjaan (Kembaker) memberikan dukungan kepada Pemerintah Daerah Lombok Tengah dalam menyiapkan tenaga kerja yang kompeten sesuai dengan kebutuhan pasar kerja di Mandalika. Dukungan lainnya dengan melalui promosi dan partisipasi dari pelaku usaha swasta khususnya yang ada di destinasi super prioritas Mandalika.

"Perlu penguatan dan pendampingan tenaga kerja yang bergerak di sektor pariwisata khususnya pelatihan digital dalam rangkaian promosi dan pengembangan wisata," kata Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah, saat menerima Bupati Lombok Tengah, Lalu Pathul Bahri, di Kantor Kemnaker, Jakarta, Rabu (26/1/2022).


Menurut da Fauziyah, untuk menyiapkan SDM lokal yang unggul di Lombok Tengah ini, Kemnaker berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam mengembangkan desa wisata dan wirausaha mandiri di sekitar Mandalika dengan cara pelatihan hard and soft skill yang mengacu pada kondisi terkini dan bersifat multitasking dan multiskilled.

"Harus ada spesifikasi dan kualifikasi dari pelatihan yang dibutuhkan oleh destinasi super prioritas wisata, mengingat peminat pekerja sangat banyak dengan keahlian yang terkadang tidak sesuai dengan kebutuhan di Mandalika," ujar Ida.


Bupati Lombok Tengah, Lalu Pathul Bahri, menambahkan, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan asosiasi perhotelan di Mandalika dalam menyiapkan tenaga kerja melalui pelatihan-pelatihan yang bekerja sama dengan lembaga pelatihan seperti BLK Lombok Timur, Lembaga Pelatihan Kerja Swasta (LPKS), Asosiasi Industri Pariwisata, serta UMKM di wilayah Mandalika.

"Pelatihan-pelatihan tersebut nantinya dikhususkan kepada pekerja perhotelan yang akan ditempatkan pada sejumlah hotel di Mandalika," pungkas Lalu Pathul Bahri. (Azwar)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kemnaker Dukung Pemda Lombok Tengah Siapkan Tenaga Kerja Kompeten di Mandalika

Trending Now

Iklan