News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Kongres V KSPI Berikan Dukungan Pada Capres dan Cawapres Melalui Perjuangan Partai Buruh

Kongres V KSPI Berikan Dukungan Pada Capres dan Cawapres Melalui Perjuangan Partai Buruh


Jakarta, Wartapembaruan.co.id
- Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) secara resmi mendukung dan menjadi bagian dalam proses perjuangan Partai Buruh. Keputusan ini diambil dalam Kongres V KSPI yang diselenggarakan pada tanggal 11-13 Januari 2021 di Jakarta Pusat.

Presiden KSPI, Said Iqbal di sela-sela pelaksanaan Kongres V, yang diikuti 300 orang dari 32 Provinsi dan 100 Kabupaten/Kota yang mewakili 2,2 juta anggota KSPI yang tersebar di 300 Kabupaten/Kota, menyampaikan, KSPI bersama dengan 9 organisasi yang lain memang menjadi inisiator untuk melanjutkan keberadaan Partai Buruh. Tetapi itu baru sebatas inisiator, belum menjadi keputusan Kongres yang merupakan forum pengambilan keputusan tertinggi di dalam oranisasi KSPI.

“Sebagaimana yang terdahulu, di dalam Kongresnya KSPI juga akan dibicarakan hal-hal yang berkaitan dengan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden. Sebelumnya, dukungan terhadap Capres dan Cawapres dilakukan KSPI melalui kontrak politik. Namun demikian, lanjutnya, dalam Pemilu 2024 nanti bagi KSPI tidak ada kontrak politik," ucap Said Iqbal.

Dijeaskan Said Iqbal, terkait dengan keputusan mengenai Capres dan Cawapres yang akan didukung oleh KSPI, diserahkan sepenuhnya pada poses politik di dalam Partai Buruh. “Siapa pun Capres dan Cawapres 2024 yang akan dipilih Partai Buruh, KSPI akan mendukungnya. Tetapi dalam prosesnya, KSPI mengusulkan kepada Partai Buruh untuk menyelenggarakan Konvensi Capres dan Cawares,” jelas Said Iqbal.

Dengan demikian, lanjutnya, diharapkan akan muncul Capres dan Cawapres yang berusia muda, di bawah 50 tahun, dan tidak ada “mahar” yang diberikan kepada partai. “Karena tidak ada mahar, tidak dikendalikan cukong, maka Capres dan Cawapres yang nantinya terpilih akan berpihak kepada orang-orang kecil,” tegasnya.

KSPI akan berjuang sekuat tenaga untuk memenangkan Capres dan Cawapres yang nantinya akan didukung oleh Partai Buruh. Said Iqbal optimis, di basis-basis indusri kaum buruh akan memberikan suara yang signifikan untuk kemenangan Partai Buruh. (Azwar)

Tags

Newsletter Signup

Silahkan isi Email anda disini untuk mengikuti berita terbaru dari Warta Pembaruan.