Iklan

Wagub AAL Terdiam Sejenak Saat Membacakan Amanat Hari Dharma Samudera Tahun 2022

warta pembaruan
15 Januari 2022 | 2:24 PM WIB Last Updated 2022-01-15T07:24:18Z


Surabaya, Wqrtapembaruan.co.id --Ditengah-tengah membacakan naskah amanat., Wagub AAL terdiam sejenak dan berkata, ”Sersan KKO Usman dan Kopral KKO…….(terhenti sejenak terhanyut oleh perasaan mendalam akan kisah heroik dan sifat kepahlawanan, dilanjutkan kembali dengan suara bergetar)…..Sersan KKO Usman dan Kopral KKO Harun…tersenyum bahagia meski gugur di Tiang Gantungan Singapura, menjadi syuhada untuk negara. Prajurit KRI Nanggala…Tabah dalam patroli selamanya, gugur saat menjalankan tugas negara.”

Wakil Gubernur Akademi Angkatan Laut (Wagub AAL) Laksamana Pertama TNI Rudhi Aviantara mewakili Gubernur AAL, Mayjen TNI (Mar) Nur Alamsyah memimpin upacara Peringatan Hari Dharma Samudera Tahun 2022 yang dilaksanakan di Depan Gedung Rinjani, Monumen Yos Sudarso, Kesatriaan AAL, Bumimoro, Surabaya, Sabtu (15/01).

Peringatan Hari Dharma Samudera merupakan momentum untuk mengenang kepahlawanan pejuang-pejuang samudera yang telah mendharmabaktikan hidupnya demi kejayaan bangsa dan negara. Sejarah panjang perjuangan bangsa telah membentuk dan melahirkan semangat patriotisme, semangat cinta kepada bangsa dan negara melampaui kecintaan kepada dirinya sendiri, ini terbukti saat Wagub AAL  Laksma TNI Rudhi Aviantara membacakan amanat Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono.


“ Tidak akan lekang dari catatan sejarah bangsa Indonesia, Kapten Markadi…dengan perahu cadik, tak gentar, melawan patroli Belanda di Selat Bali, mencegah penjajah berkuasa kembali. Letnan Samadikun…menantang korvet dan destroyer Belanda di Teluk Cirebon, demi mempertahankan kedaulatan negara yang telah merdeka.” Ucap Wagub AAL.

Dan masih banyak kisah heroik Pahlawan Samudera lainnya, yang tercatat maupun tidak tercatat).

Contoh sifat kepahlawanan dari mereka Sang Pahlawan Samudera ;

yang tidak pernah takut karena membela kebenaran, yang berani menderita untuk cita-cita mulia, yang rela berkorban jiwa raga demi bangsa dan negara, yang pantang menyerah karena keyakinan kepada sang pencipta.

Dengan meneladani nilai-nilai patriotisme, heroisme,serta kepemimpinan. Wagub AAL mengatakan dari Sambutan Kasal, “Kapanpun Tugas Negara Memanggil, Akan Kita Pertaruhkan Jiwa dan Raga Di Bawah Panji Merah Putih”.

Kabagpen AAL,

Letkol Marinir Nikodemus Balla.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Wagub AAL Terdiam Sejenak Saat Membacakan Amanat Hari Dharma Samudera Tahun 2022

Trending Now

Iklan