Iklan

Polisi Lampung Tidak  Berempati,  Mentahkan Laporan Buruh  Dugaan Libatkan  Pengusaha

warta pembaruan
03 Februari 2022 | 9:52 PM WIB Last Updated 2022-02-04T01:09:15Z

Ahmad saat diperiksa oleh Polresta Bandar Lampung selaku korban dan saat tunjukan Tas Hitam tempat penyimpanan Segel Tanah an. Ali Rahman.

Bandar Lampung, Wartapembaruan.co.id -- Miris sekali nasib  Abah Ahmad kakek berumur kurang lebih 70 tahun warga Kampung Sinar Banten, Sumur Putri, Teluk Betung Selatan, Bandar Lampung ini.

Laporan di Polresta Bandar Lampung hampir 2 tahun silam berakhir anti klimaks.

Laporan pencurian yang dilaporkan oleh buruh harian lepas ini tepatnya pada tanggal tepatnya tanggal 20 Agustus 2022 silam sesuai LP.B /1776/VIII/2020/LPG/ Resta Balam  selaku korban Ahmad dimentahkan oleh polisi dengan alasan tidak dapat dilanjutkan penyelidikannya.

Hal itu sesuai surat pemberitahuan hasil penyelidikan (SP2HP A2) No. B/121/1/2022/Reskrim yang di terima Ahmad dari Reskrim Polresta Bandar Lampung tanggal 2 Januari 2022 ditandatangani oleh Kompol Devi Sujana selalu Kasat Reskrim Polresta Bandar Lampung.

Menurut Ahmad, terkuaknya adanya  dugaan pencurian 1 lembar segel tanah atas nama Almarhum  Ali Rahman, berawal saat dirinya mengurus sporadik tanah atas nama Almarhum Arjuki orang tua kandung saya di Kantor Lurah Sumur, Batu.

Saat itu dikantor kelurahan
Lurah Sumur Batu, Indra Irawan selalu Lurah menjelaskan terkait pengajuan  sporadik tanah miliknya ( atas nama Almarhum Arjuki)  berbatasan langsung dengan tanah milik inisial Ys  seorang pengusaha keturunan cukup terkenal di Lampung yang telah  membeli dari Tarmedi adik kandungnya berdasarkan segel tanah milik Almarhum Ali Rahman.


Terkaget-kaget lah saat itu Ahmad, ternyata surat segel tanah atas nama Ali Rahman telah di jual tanpa izin ternyata  telah di curi dan di jual kepada Ys.


Bahkan atas inisiatif Lurah Sumur Putri, korban pernah di temukan dengan Ys.
Dalam pertemuan tersebut Ys mengaku telah membeli surat tanah tersebut dari Almarhum adik kandungnya Tarmedi.

Ahmad menjelaskan, segel tanah tersebut disimpan di dalam tas hitam miliknya yang tersimpan di kamar.
Ada dua surat segel di dalam tas yakni surat segel tanah atas nama Almarhum Arjuki dan surat  segel tanah atas nama Almarhum Ali Rahman adik kandung almarhum bapak saya. Kebetulan Ali Rahman yang tidak mempunyai keturunan  sebelum meninggal menitipkan surat segel tanah  miliknya kepada bapak saya.
Karena saya anak tertua surat segel tanah dititipkan kepada saya dan tersimpan bersama surat segel atas nama Arjuki, " ujar Ahmad.

Sementara itu Johan Syahril Ketua LSM Abjad Lampung selaku penerima kuasa dari Ahmad dan keluarga nya.

Menjelaskan, menurut pria berambut plontos  ini  kasus yang dilaporkan oleh Ahmad tergolong  sederhana  dan simpel.

Saksi ahli Pidana hukum Universitas Lampung  DR. Edy Rifai telah dimintai pendapat hukum nya oleh polisi. Ahli Pidana tersebut menyatakan tegas adalah  murni terkait pencurian surat segel tanah dan saat ini dikuasai oleh seseorang secara melawan hukum sehingga layak di sangka kan dengan pasal 362 Jo 480 KUHPidana.

Bahkan saksi lainnya dari   pihak Pemerintah Bandar Lampung dari BPPRI, menyatakan terkait transaksi tanah dengan harga senilai Rp 30 juta ditahun 2015- 2016 dengan lokasi di Kelurahan Sumur Putri tidak jauh dari Perum Citra Land adalah jauh dibawah harga pasaran atau NJOP ( nilai jual objek pajak).

Saya kira polisi akan sesuai aturan hukum untuk menaikan status saksi menjadi Tersangka atau dari tahap penyelidikan ke penyidikan, namun alhasil tampak nya ada sesuatu yang membuat polisi urung menaikan status ke penyidikan malah kontradiktif dengan keterangan saksi saksi maupun alat bukti kok malah jadi mundur kebelakang keluarkan SPHP A2 tidak dapat dilanjutkan ke Penyelidikan ada apa ini tanya Johan.

" Ini adalah perkara pencurian pasal 362 Jo 480 KUHpidana tentang pertolongan jahat dan penadahan.

Yakni surat segel tanah atas nama Ali Rahman telah di curi oleh Tarmedi adik kandung Ahmad ( pelapor). Lalu oleh Tarmedi di jual kepada seseorang.

Bahkan seseorang tersebut telah mengakui melakukan transaksi dengan Tarmedi terkait objek tanah berdasarkan surat segel tanah an. Ali Rahman.

Harusnya pihak polisi menetapkan sebagai tersangka pihak yang menguasai Surat Segel Tanah an. Ali Rahman yang diperoleh dari hasil menadah dari terduga pencuri Tarmedi adik kandung Ahmad, bukannya malah tidak membuat terang perkara dengan menghentikan penyelidikan dengan alasan yang yang kurang jelas dan meng ada ada," ujar Johan.

Kami LSM Abjad telah membuat surat meminta perlindungan hukum ke Kapolda Lampung karena sangat merugikan pihak korban. Kami juga minta Kapolda Lampung cq Biro Wasidik Polda untuk membuka kembali perkara tersebut sehingga menjadi terang benderang.
Kami minta dilakukan gelar perkara ulang dan melanjutkan kembali penyelidikan sampai tahap penyidikan dan menetapkan pihak pihak yang bertanggung jawab secara hukum karena menguasai segel surat tanah an. Ali Rahman secara melanggar  hukum, kami mohon Kapolda terketuk hatinya untuk membuat terang perkara ini agar terang seterang terangnya dan jelas sehingga korban memperoleh keadilan,  tandas Johan.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Polisi Lampung Tidak  Berempati,  Mentahkan Laporan Buruh  Dugaan Libatkan  Pengusaha

Trending Now

Iklan